Di Wilayah Polda Banten, e-Tilang Baru Diterapkan di Kota Serang

0
1.484 views
Ilustrasi

SERANGĀ  – Dirlantas Polda Banten Kombes Polisi Tri Julianto memastikan bahwa layanan tilang online (e-tilang) di wilayah hukum Polda Banten baru bisa diberlakukan di Kota Serang. Daerah lainnya menyusul.

“Sementara yang sudah final itu baru Kota Serang. Jadi kalau masyarakat yang berdomisili di Kota Serang, program e-tilang sudah dapat kita laksanakan karena Kota Serang tabel jumlah denda tilangnya sudah ditandatangani oleh Polri, Kejaksaan dan Pengadilan,” kata seusai acara video conference bersama Kapolri di Mapolda Banten. Jumat (16/12).

Menurutnya, pemberlakuan e-tilang sesuai dengan Pasal 272 Undang-undang No 2 Tahun 2008 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, yang dimaksudkan untuk mendukung kegiatan penindakan pelanggaran di bidang lalu lintas dan angkutan jalan dengan memanfaatkan sarana elektronik.

“Misalnya ada pelanggar yang melanggar lalin. Nah nanti kita catat melalui aplikasi yang dimiliki oleh kepolisian. Nanti STNK atau SIM-nya kita foto. Jadi tidak perlu kita tahan. Setelah itu dipersilakan pengendara untuk membayar denda tilang di bank yang sudah kita tunjuk. Untuk sementara baru BRI,” jelasnya.

Dengan berjalannya waktu, sistem tilang dapat dilayani dengan aplikasi tersebut sehingga tidak ada lagi sidang tilang. Fasilitas untuk penambahan bank lain akan terus dikembangkan untuk mempermudah pembayaran.

Polri hari ini secara nasional meluncurkan layanan tilang online (e-tilang). Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan video coference dengan seluruh Polda. Di Banten, video converence di Mapolda Banten, yang dihadiri Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersama jajarannya, pimpinan PT Jasaraharja (Persero) Banten, Bank BRI dan Bank Banten. (Wirda)