Diduga Lalai, Pengemudi Brio Seruduk Truk Tronton

HANCUR: Petugas PT MMS berusaha mengevakuasi mobil Brio yang hancur depannya di Tol Tangerang-Merak KM 63, kemarin (12/5). FOTO: WARGA FOR RADAR BANTEN

SERANG – Honda Brio A 1219 T menabrak bak belakang truk tronton nopol BE 9527 CO di Tol Tangerang-Merak KM 63, Jumat (12/5). Kecelakaan pada pukul 14.25 WIB ini terjadi karena dugaan kelalaian pengemudi mobil jenis hatchback subkompak lima pintu itu.

Honda Brio yang dikemudikan Wawan Hendrawan disebutkan melaju kencang dari arah Tangerang menuju Merak. Mobil ini melaju di jalur cepat. Di lokasi kejadian, mobil yang ditumpangi lima orang yang masih satu keluarga itu pindah ke jalur lambat. Wawan Hendrawan tidak mengantisipasi kemungkinan ada mobil di jalur lambat. Kecepatan mobil tidak dikurangi.

Ketika pindah jalur, ada truk tronton bermuatan bumbu penyedap rasa melaju lambat di depan Brio. Tabrakan tak bisa dihindari. Bagian depan Brio menghantam bagian belakang sebelah kanan truk tronton. Bagian depan Brio langsung ringsek. Sementara, penumpangnya terluka. Yakni, Dewi Komalasari (istri Wawan Hendrawan), Nasikah dan Rendra Putra Pratama (keduanya anak Wawan Hendrawan dan Dewi Komalasari), serta Jahariah (ibu kandung Wawan Hendrawan).

“Itu satu keluarga. Dua anaknya duduk di belakang, sama ibu pengemudi. Istrinya duduk di samping suaminya,” kata seorang anggota Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polda Banten, tadi malam.

Pengemudi truk tronton, Hendra, langsung menghentikan laju kendaraannya. “Kebetulan istrinya (Dewi Komalasari-red) sedang tiduran. Kalau posisi menghadap dashboard, bisa jadi kena benturan. Luka berat cuma anaknya yang lelaki (Rendra Putra Pratama-red),” jelas polisi lalu lintas itu enggan disebutkan namanya.

Kelima korban langsung dievakuasi anggota PJR Induk Serang Timur ke RS Sari Asih, Kota Serang. Brio dan truk tronton yang terlibat kecelakaan dibawa ke tempat penitipan kendaraan di Pintu Tol Ciujung, Kabupaten Serang. Kasus itu ditangani Ditlantas Polda Banten.

“Saya belum dapat laporan. Anggota masih mengecek di TKP,” kata Kanit Kecelakaan Lalu Lintas Polda Banten Inspektur Polisi Dua (Ipda) Pujiyanto melalui telepon seluler.

Tadi malam, perwakilan pemilik truk tronton bernama Suriyoso mendatangi kantor Unit Kecelakaan Lalu Lintas Polda Banten. Ia memenuhi panggilan penyidik.

“Sopirnya lagi di Ciujung, jagain mobil. Mungkin setelah (muatan-red) dipindah ke mobil lain, (Sopir truk tronton-red) saya suruh ke RS Sari Asih,” kata Suriyoso. (Merwanda/Radar Banten)