Diguncang Gempa, Warga Rangkasbitung Berhamburan Keluar Rumah

LEBAK – Masyarakat Lebak dikagetkan dengan guncangan gempa magnitudo 7,4 pada Jumat (2/8) pukul 19.03 WIB. Pusat gempa 7.54 Lintang Selatan – 104.58 Bujur Timur atau 147 kilometer Barat Daya Sumur, Pandeglang – Banten dengan kedalaman 10 kilometer.

Warga Rangkasbitung Aep Dian Hendriawan mengatakan, guncangan gempa terasa di wilayah Rangkasbitung dan sekitarnya. Kondisi tersebut membuat masyarakat berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka khawatir, gempa dengan kekuatan magnitudo 7,4 mengakibatkan kerusakan bangunan rumah dan membahayakan keselamatan masyarakat.

“Iya, getarannya terasa lumayan kuat. Tapi cuma satu menit dan warga di sini banyak yang berlari keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Mereka bersiam diri di jalan raya untuk sementara waktu dan setelah kondisi aman mereka kembali masuk ke dalam rumah,” kata Aep kepada Radar Banten.

Terpisah, Kepala BPBD Lebak Kaprawi membenarkan gempa mengguncang wilayah Banten. Pusat gempa berada di wilayah Sumur, Pandeglang. Sekarang dirinya sudah menugaskan relawan bencana untuk melakukan penyisiran di wilayah Lebak selatan dan mengevakuasi warga dari pesisir pantai karena gempa berpotensi tsunami.

“Saya akan langsung ke Lebak selatan jntuk melihat kondisi di lapangan,” terangnya.(Mastur)