Dikunjungi PDAM Kota Bandung, Bupati Serang Tanya Soal Hibah Luar Negeri

0
71

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menerima kunjungan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bandung di Pendopo Bupati Serang . Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Sekertaris Daerah Kabupaten Serang, dan Direktur Utama PDAM Tirta Albantani, Rabu (22/11).

Dalam kesempatan tersebut Tatu melihat pengalaman PDAM Tirtawening Kota Bandung dalam program hibah luar negeri cukup berhasil,sehingga mengharapkan direktur utama PDAM Tirtawening Kota bandung untuk melakukan paparan perihal bantuan hibah luar negeri yang telah diperoleh, dan berbagi informasi untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan PDAM Tirta Albantani Kabupaten Serang.

“Target pada rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) tahun 2014-2019 diperlukan dana cukup besar. Sementara, kemampuan keuangan daerah sangat terbatas, untuk itu diperlukan kreatifitas pemerintah daerah dan pdam dalam mencari sumber pendanaan lainnya, termasuk melalui kerja sama atau hibah luar negeri,” paparnya

Ia melanjutkan, sumber pendanaan tidak hanya untuk mengembangkan cakupan pelayanan tetapi untuk memperbaiki kondisi existing yang ada, seperti mengatasi kebocoran, efisiensi biaya produksi dengan pemanfaatan teknologi dan peningkatan sdm untuk menjamin keberlangsungan supply air minum bagi masyarakat kabupaten serang.

“semoga dengana kehadiran PDAM Tirta Wening bisa memberikan informasi yang bagus dan bisa dilakukan oleh PDAM Tirta Albantani untuk mendapatkan dana yang bisa membantu keberlangsungan air di Kabupaten Serang,” imbuhnya.

Sementara itu, Sonny Salimi Direktur utama PDAM Tirtawening Kota Bandung mengatakan, Bantuan yang selama ini ditermanya dari luar negeri merupakan akses dari walikota Bandung saat keluar negeri menjalin komunikasi dengan jaringannya. saat ini, PDAM Tirtawening bekerjasama dengan Negara Belanda, Manila, Jepang, dan Korea.

“setiap tahunnya Belanda mendapat keuntungan ekstra dalam pengelolaan air, sehingga bantuan selalu direalisasikan ke negara lainnya. Setiap proposal yang masuk mereka akan selekasi mana yang akan diajak kerjasama dan Alhamdulillah Tirtawening dapat kesempatan itu,” katanya.

Sonny juga mengajak kepada Pemda Kabupaten Serang unutk datang ke Bandung pada Desember mendatang. Karena, Negara Belanda akan datang ke Kota Kembang tersebut untuk bersilaturahmi. ”Sekitar awal Desember dari Belanda juga akan datang ke Bandung. Saya undang untuk ibu (Bupati-red) datang kesana juga untuk menyiapkan proposal internasional agar Belanda juga memberikan hibahnya kepada PDAM di Kabupaten Serang,” ujarnya. (Anton Sutompul/antonsutompul@gmail.com)