Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah menerbitkan telegram kepada para seluruh gubernur. Isinya adalah jadwal pelantikan para gubernur terpilih hasil pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015.

Melalui telegram rahasia Mendagri bernomor 005/389/SJ tanggal 5 Februari 2016, Tjahjo menginformasikan bahwa pelantikan gubernur dan wakil gubernur dari tujuh provinsi akan digelar pada 12 Februari mendatang di Istana Negara. Gubernur yang akan dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo adahal hasil pilkada di Provinsi Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimatan Selatan, Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara.

“Pelantikannya Jumat tanggal 12 Februari 2016 jam 10.00. Langsung dilantik di Istana Negara,” ujar Tjahjo melalui layanan pesan singkat, Sabtu (6/2/2016).

Tjahjo pun memerintahkan kepada para penjabat gubernur di tujuh provinsi itu untuk mempersiapkan hal-hal terkait pelantikan. “Termasuk mengoordinasikan para tamu undangan,” tuturnya.

Berdasarkan telegram itu, undangan yang akan diboyong ke istana antara lain ketua DPRD provinsi, sekretaris daerah provinsi, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta ketua KPU dan Bawaslu provinsi

Selain itu, untuk pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih yang akan dilantik juga diperkenankan membawa keluarga. Hanya saja, jumlahnya dibatasi. “Masing-masing tiga orang saja,” tegasnya.

Dalam telegram itu juga tertulis instruksi tentang pelantikan para bupati/wali kota terpilih. Tjahjo menginstruksikan para gubernur agar melantik bupati/wali kota terpilih secara bersamaan.

“Gubernur agar melantik bupati/wali kota secara serentak pada 17 Februari 2016. Pelantikannya di ibu kota provinsi masing-masing,” pintanya. (ara/jpg/jpnn)