Dinas Pariwisata Libatkan Arsitek Tata Kawasan Pariwisata Banten

Pertemuan Kepala Dipar Banten Eneng Nurcahyati dengan IALI.

SERANG – Dinas Pariwisata Provinsi Banten akan melibatkan Ikatan Arsitek Lansekap Indonesia (IALI) dalam mengoptimalkan penatataan kawasan pariwisata di Banten.

“Masih perlu perbaikan dan memunculkan hal yang bisa mengangkat kawasan pariwisata dengan pemeliharaan yang baik dan melibatkan instansi terkait,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati pada pertemuan dengan IALI di meeting room Dispar Banten, Kp3B, Kota Serang, melalui rilis yang diterima radar Banten online, Rabu (28/3).
Dijelaskan Eneng, perencanaan tata kawasan yang melibatkan IALI diharapkan bisa menyentuh kawasan strategis di setiap wilayah di Banten. Bahkan kawasan yang tidak termasuk dalam pariwisata bisa diperbaiki, seperti Kawasan Pemerintahan Provinsi Banten dan kantor Dinas Pariwisata

Menurut Eneng, pihaknya perlu mendesain ulang kantor Dispar Banten dengan konsep kepariwisataan yang menarik publik, sekaligus menjadi tempat pameran wisata.

Ketua IALI Provinsi Banten Jan Robin Girsang mengatakan, pihaknya menawarkan konsep sesuai prioritas Dispar dengan memberdayakan IALI.
“Melalui Bappeda Banten kita harap bisa bersinergi dengan SKPD terkait termasuk Dinas Pariwisata,” katanya.

Dikatakan Jun, IALI akan menggali potensi daerah yang bisa dikembangkan dengan melakukan dua langkah, di antaranya meninjau lokasi atau gedung dan membuat ikon-ikon yang tidak menghilangkan sifat alamiah kawasan, termasuk gedung Dinas Pariwisata. (Ade F)