Dinas Peternakan Dorong Semua Hewan Ternak Diasuransikan

0
125
Ilustrasi

RANGKASBITUNG – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Lebak mendorong seluruh peternak untuk mengasuransikan hewan peliharaannya, khususnya sapi yang merupakan program Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

Cara itu sangat penting untuk meringankan beban peternak ketika hewan tersebut mati atau hilang.

Menurut Kepala Disnak Kabupaten Lebak Iman Santoso, peternak yang mengikuti program AUTS cukup membayar biaya Rp40 ribu.

Apabila hewan ternaknya mati atau hilang, peternak akan mendapat biaya asuransi sebesar Rp10 juta. “Ya, progam AUTS untuk meringankan beban peternak ketika ternak mati atau hilang sehingga ada jaminan pengganti jika ada sapinya yang benar-benar mati atau dicuri,” katanya, kemarin.

Menurutnya, usaha peternakan banyak risikonya seperti tertular penyakit, kematian, hingga pencurian. Untuk itu, perlu adanya asuransi guna mengantisipasi kerugian yang lebih besar. “Setidaknya peternak tidak terlalu mengalami kerugian yang cukup besar saat hewan ternak ada yang mencuri atau hilang,” ujarnya.

Iman meyakinkan, dengan mengikuti asuransi, para peternak bisa lebih fokus pada usahanya karena ada jaminan atas ternak yang mengalami kehilangan, kematian atau terserang penyakit. “Dengan adanya jaminan ini, peternak tidak lagi khawatir dalam menjalankan usahanya karena ada asuransi yang menjaminnya,” katanya.

Sekretaris Disnak Kabupaten Lebak Rusmantoro menambahkan, jatah untuk asuransi hewan ternak di Kabupaten Lebak tahun ini sebanyak 250 ekor sapi dan kerbau. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan pada 2017 yang hanya 200 hewan ternak. “Jatah tahun ini meningkat. Namun, sampai Mei ini yang daftar AUTS kalau tidak salah masih di bawah 100 ekor. Karena itu, kita terus sosialisasikan kepada peternak untuk mengasuransikan hewan ternaknya,” katanya. (Nurabidin Ence/RBG)