Dinas PUPR Banten Pilih Komunitas Peduli Sungai

SERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Banten melakukan pemilihan komunitas peduli sungai tingkat Provinsi Banten, Kamis (21/3). Acara yang dihelat di aula DPUR lantai 7 itu diikuti oleh lima komunitas peduli sungai yang berasal dari kabupaten kota.

Mereka adalah Kelompok Masyarakat Peduli Sungai Bersih Jaya mewakili Kabupaten Serang, Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Tangerang Utara mewakili Kabupaten Tangerang, Komunitas Peduli Sungai Green Canary (Kota Serang), Sahabat Saung Sukun (Kota Tangerang), dan OKP Ganespa (Tangsel). Lima peserta itu memperebutkan posisi terbaik untuk mewakili Banten di tingkat nasional.

Kasi Penataan Jaringan Sumberdaya Air DPUPR Banten Endang Sudrajat mengatakan, pemilihan komunitas peduli sungai rutin dilakukan untuk memilih komunitas terbaik. “Kami berharap kegiatan ini dapat menginspirasi bagi banyak pihak sehingga semakin banyak orang yang peduli terhadap sungai,” ujar Endang.

Diakui Endang, bahwa kondisi sungai di Banten mengkhawatirkan karena minimnya partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian sungai. “Kalau sungai bersih warga yang enak, sebab dengan sungai yang bersih kita bisa menikmati,” ujarnya.

Sementara dewan juri kegiatan ini adalah Dr Mirajani (Untirta), Khairudin (Bappeda Banten ), Ahmad Lutfi (Radar Banten ), Rustiantoko (Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan), dan Uyus Setia Bakti (Banksasuci).

Mirajani, salah satu dewan juri, mengatakan, para peserta menampilkan komunitas terbaik. Ia berharap komunitas ini bisa menjadi inspiratif bagi yang lain. (Alt)