Dinilai Menurun, Performa Atlet Dayung Banten Terus Dipantau

PON 2016
Penampilan Since Lithasova Yom diharapkan kembali ke performa terbaik jelang PON XIX Jawa Barat 2016. (Foto: RB)

SERANG – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Banten sukses mengamankan lima tiket berlaga di PON XIX Jawa Barat 2016. Tidak hanya sekadar lolos, PODSI Banten juga sukses memboyong dua medali, yakni satu medali perak dan satu medali perunggu.

Dua medali tersebut diraih atlet andalan Banten Since Lithasova Yom masing-masing dari nomor kayak single 200 meter putri (medali perak) dan nomor kayak single 500 meter putri (medali perunggu). Sementara tiga tiket lainnya diamankan Fajar Faturohman/Arif pada nomor kayak double 1.000 meter putra dan nomor kayak double 200 meter putra (peringkat keempat). Satu tiket lain diraih Arifal yang menempati peringkat kelima di nomor dayung slalom.

Meski sukses lolos dan meraih dua medali, performa Since dinilai menurun ketika tampil di Pra-PON. Performa peraih medali emas di PON XVIII Riau 2012 terus dipantau tim pelatih agar kembali ke puncaknya saat tampil di PON nanti.

Manajer Dayung Banten Ahmad Yaman mengatakan, pihaknya terus memantau perkembangan Since pasca tampil di Pra-PON. Namun saat ini, Since tengah berada di kampung halamnnya (Papua) untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. “Secara umum penampilan Since di Pra-PON sudah sesuai harapan. Hanya saja saat itu Since berada di bawah performa terbaik karena kelelahan lantaran baru saja pulang setelah membela Indonesia di Kejuaraan Asia. Yang jelas kami terus memantau perkembangannya karena Since merupakan lumbung medali dan harapan medali emas di PON nanti,” kata Yaman kepada Radar Banten, Jumat (1/1/2016).

Yaman menambahkan, pihaknya optimistis performa Since akan kembali ke titik terbaik. Tidak hanya itu, ia juga yakin Since mampu mempersembahkan medali emas bagi Banten di PON nanti. “Selisih waktu Since dengan peraih medali emas di Pra-PON lalu beda tipis. Kalau Since kembali ke penampilan terbaiknya, kami yakin medali emas PON miliknya. Sekarang tim pelatih tengah meramu taktik dan strategi untuk mengembalikan Since ke performa terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, Pelatih Dayung Banten Hasim Ponso menyatakan, hasil yang dicapai Since di Pra-PON beberapa waktu lalu masih bisa dipertanggungjawabkan. “Kami akui penampilan Since di Pra-PON tidak begitu bagus. Tapi kami pastikan di PON nanti Since bisa diandalkan,” katanya. (RB/dre/air/ags)