Dinkes Gelar Drive Thru Rapid Test, 23 Pengendara Positif Corona

0
1.097 views
Ilustrasi rapid test. Foto: Shutterstock

SERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menggelar Drive thru Rapid Test Covid-19. Kegiatan ini dilakukan lantaran sebagian besar masyarakat masih enggan mendatangi lokasi rapid test.

Drive thru Rapid Test Covid-19 ini memungkinkan masyarakat mengikuti skrining Covid-19, lebih cepat, mudah, dan aman karena meminimalisasi kontak fisik antara pemeriksa dengan yang diperiksa.

“Warga tetap berada di dalam mobil tanpa perlu keluar dari kendaraan,” kata Kepala Dinkes Banten dr Ati Pramudji Hastuti kepada wartawan, kemarin (11/5).

Masyarakat yang bersedia mengikuti drive thru rapid test harus mendaftar terlebih dahulu secara online, kemudian datang ke lokasi yang telah ditentukan.

“Hasil tes akan dikirimkan melalui WhatsApp atau telpon di hari yang sama, sehingga masyarakat bisa segera pulang tanpa harus lama menunggu. Jika hasil positif, maka akan diminta untuk menjalankan PCR Swab Test dan dilakukan karantina mandiri,” ungkap Ati.

Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Banten ini melanjutkan, pelaksanaan drive thru rapid test gelombang pertama digelar di wilayah Tangerang Raya, dimulai dari 4 Mei hingga 18 Mei 2020.

Berdasarkan jadwal Dinkes Banten, drive thru rapid test digelar 4-8 Mei di Summarecon Kepala Dua Tangerang, kemudian 11-13 Mei di Graha Raya Bintaro Tangsel, dan di Kawasan Pantura Kabupaten Tangerang dilaksanakan 14 hingga 18 Mei 2020.

“Hingga 8 Mei, tercatat 2.100 warga Banten ikut drive thru rapid test, dengan 14 orang positif dan 2.806 negatif. Sisanya invalid,” ujar Ati.

Sedangkan hasil rapid test drive thru 11 mei 2020 di Tangsel, tercatat yang diperiksa 603 orang, dengan 9 orang positif dan 594 orang negatif. “Drive thru tidak hanya diikuti pengendara roda empat, tapi juga roda dua,” tutur Ati.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Banten Eneng Nurcahyati menambahkan, pelaksanaan drive thru rapid test yang digelar Pemprov Banten semuanya gratis.

“Untuk tahap awal, drive thru rapid test diprioritaskan di Tangerang Raya yang merupakan zona merah covid-19 di Banten,” ungkapnya. (den/nda)