Dinkes Lebak Kaji Hasil Pembelajaran Tim AMP

0
44

LEBAK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak menggelar pertemuan rekomendasi hasil pembelajaran tim Audit Maternal dan Perinatal (AMP) di Aula Dinkes Lebak, Selasa (21/11). Dalam kegiatan tersebut terdapat 42 puskesmas sebagai peserta yang ada di Kabupaten Lebak.

Kasi Kesehatan Keluarga (Kesga) Nurlela mengatakan, AMP merupakan kegiatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan melalui pengkajian dan pembahasan kasus kesakitan, kematian ibu dan perinatal sebagai upaya pembelajaran bersama dalam menyikapi kasus kematian yang telah terjadi, sehingga diharapakan dapat ditemui cara bagaimana atau upaya penanganan yang lebih baik untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di tahun selanjutnya.

“Hasil laporan dari setiap tim atau puskesmas yang kita telah undang, nantinya akan kita kaji untuk mencari bagaimana cara dalam mengatasinya. Sementara data dari masing-masing tim atau puskesmas belumdapat di informasikan, karena baru kita terima,” kata Lela saat diwawancarai Radar Banten Online, Selasa (21/11).

Selanjutnya, kata Lela, data yang telah diterima Dinkes Lebak akan di identifikasi secara langsung maupun tidak langsung, menganalisis ketersediaan tenaga kesehatan dan sarana prasarana yang dibutuhkan.

“Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kepada seluruh badan kesehatan atau pelayanan kesehatan di Kabupaten Lebak dapat melakukan penanganan kegawatdaruratan dan menetapkan prioritas untuk mengatasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap AKI dan AKB melalui pembelajaran yang diperoleh pada pengkajian kasus ini,” terangnya. (Omat/twokhe@gmail.com).