Dinkes Temukan 1 Kasus DBD Meninggal Dunia

0
465 views
Net. ILUSTRASI

SERANG – Memasuki awal musim penghujan, Dinas Kesehatan meminta masyarakat untuk waspada akan datangnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari total sebanyak 255 kasus di Kota Serang yang ditemukan pada tahun 2015, Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Kesehatan Lingkungan (P3KL) menemukan satu korban DBD meninggal dunia.

“Tahun ini ditemukan 255 kasus DBD, dengan satu korban meninggal dunia. Namun, jumlah tersebut masih lebih sedikit bila dibandingkan tahun 2014 lalu, yang mencapai 287 kasus dengan dua korban meninggal,” ungkap Kepala Bidang P3KL Dinkes Kota Serang, Ella Meidelena, kepada wartawan usai Pembentukan Pokja DBD di salah satu rumah makan di Kota Serang, Selasa (24/11/2015).

Kendati demikian Ella mengatakan, jumlah kasus DBD tahun ini masih bisa bertambah, karena masih tersisa satu bulan lagi. Apalagi, saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga penambahan jumlah DBD masih bisa saja terjadi. Satu korban tahun ini, karena terjadi keterlambatan penanganan.

“Oleh karena itu, kami meminta masyarakat mewaspadai datangnya musim penghujan yang saat ini sudah mulai terjadi di Kota Serang, dengan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk-red). Biasanya nyamuk lebih mudah berkembang biak setelah turun hujan, kemudian cuaca cerah. Namun bila dalam berhari-hari terus terjadi hujan, justru jentik nyamuk sulit berkembang karena telur nyamuk akan terbawa arus air,” kata Ella.

Sementara itu, Pengelola Program DBD Dinkes Kota Serang Jaka Purwana mengatakan, tahun lalu terjadi peningkatan kasus DBD saat Januari, karena datangnya musim penghujan terjadi saat Desember 2013. Sementara saat ini musim penghujan datang pada November, sehingga kemungkinan akan terjadi peningkatan kasus di Desember.

“Untuk diketahui, bahwa foging itu hanya untuk memutus mata rantai penularan. Sementara pembasmian nyamuknya tentu saja dengan membasmi sarang nyamuk tersebut. Tapi masyarakat tampaknya tidak puas bila tidak dilakukan fogging,” katanya. (Fauzan Dardiri)