Dinsos Cilegon Beri Pelatihan Tuna Netra

CILEGON – Puluhan tuna netra, dikumpulkan di aula kantor Dinas Sosial Kota Cilegon untuk mendapatkan bimbingan teknik pelatihan keterampilan memijat, Jumat (19/8/2016). Selanjutnya secara bertahap akan ada ratusan warga Cilegon penyandang cacat netra lainnya yang juga akan diberikan pelatihan ini.

Kepala Dinas Sosial Kota Cilegon, Abadiah mengatakan rencananya kegiatan seperti ini akan dilakukan secara bertahap karena banyaknya jumlah warga penyandang tuna netra di Kota Cilegon yang mencapai 379 orang. “Perempuan ada 227 orang dan laki-laki 152 orang. Harapan kita dengan adanya pelatihan ini para canet di Cilegon hidupnya tidak lagi bergantung dengan orang lain dan dapat merubah taraf hidupnya semakin lebih baik,” ujarnya.

Lebih lanjut Abadiah mengatakan bimbingan teknik pelatihan keterampilan memijat itu diselenggarakan oleh Dinas Sosial Cilegon yang juga bekerjasama dengan kementerian sosial dengan memang sasarannya adalah penyandang tuna netra. “Ini memang ditujukan untuk orang-orang yang mempunyai kekurangan atau tuna netra. Karena kita ingin memberikan keterampilan dan keahlian kepada mereka,” katanya.

Dijelaskan Abadiah, saat ini para penyandang tuna netra tersebut baru sekedar diberikan pengarahan terlebih dahulu sebelum nantinya akan diberikan pelatihan memijat selama lima hari ke depan dengan lokasi pelatihan berada di rumah singgah Dinas Sosial Cilegon yang terletak di wilayah Cikerai. “Pelatihan memijatnya nanti di Cikerai, di rumah singgah,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Kohar warga Kecamatan Cibeber penyandang cacat tuna netra mengaku sudah terbiasa bekerja sebagai pemijat namun untuk membuka prakteknya agar diketahui secara luas oleh masyarakat kendala utamanya masih soal keterbatasan modal. “Ngurut sudah biasa, kadang orang suka datang ke rumah. Tapi masalahnya tidak semua orang tau, paling hanya warga sekitar saja. Inginnya dibukain tempat khusus buat ngurut,” tuturnya. (Riko)