Dipengaruhi Faktor Cuaca, Harga Cabai Merah ‘Pedas’ Lagi

0
51

CILEGON – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Cilegon menyidak harga kebutuhan pokok di Pasar Kranggot Kota Cilegon, Senin (4/12). Dari sidak itu petugas mengetahui adanya salah satu bumbu dapur yang kini harganya melambung tinggi.

Seorang pedagang kebutuhan pokok di pasar tersebut, Sihabudin mengungkapkan sejak sepekan ini harga cabai keriting yang berkulit merah itu telah mengalami kenaikan. Menurut dia untuk harga normal per kilogramnya biasa hanya sekitar Rp 25 ribu dan sekarang mencapai Rp 44 ribu.

“Makanya sekarang kita tidak berani lagi untuk menyetok banyak. Karena kalau sudah busuk kita sangat merugi, jadi tidak mau ambil risiko. Paling ngambilnya sedikit-sedikit saja,” katanya.

Sementara itu, Kasi Stabilisasi Harga pada Disperindag Kota Cilegon Ihsan Hasibuan mengaku berdasarkan percakapan yang telah ia lakukan dengan sejumlah pedagang, kenaikan harga cabai merah keriting itu lantaran dipengaruhi oleh faktor cuaca. Hujan disertai angin kencang, serta adanya sejumlah daerah di Pulau Jawa yang terkena longsor mengakibatkan sebagian petani cabai gagal panen.

“Belum lagi proses transportasinya tersendat. Kalau untuk stok sih masih cukup, hanya saja berkurang dari hari biasanya. Memang juga karena di bulan Mulud ini permintaan masyarakat Cilegon terhadap komoditi pangan meningkat pesat,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)