Direktur UMKM BNI Sapa Pedagang Pasar Malabar

SERANG — Setelah hampir 2 (dua) bulan pertokoan dan lapak pedagang tutup dengan adanya penerapan PSBB, kini Pasar Bersih Malabar, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang kembali beroperasi. Pasca pandemi covid-19, mayoritas pedagang mengeluhkan sepinya omset penjualan.

Direktur UMKM, Tambok P Setyawati mengunjungi Pasar Malabar untuk menyapa debitur dan melihat geliat usaha kecil di fase new normal saat ini. Beberapa debitur yang disapa merupakan pedagang ayam dan bebek potong, pedagang pakaian, dan pedagang lainnya.

Dalam bincang santai, salah satu debitur, Romi yang merupakan debitur BNI pedagang pakaian mengatakan, beruntung bermitra dengan BNI, selama dua bulan terakhir adalah masa yang sulit. BNI memberikan dukungan dan kepercayaan kepada usaha kecil seperti saya berupa keringanan bunga, penundaan angsuran kredit.
“Selain membekali usaha saya dengan mesin EDC untuk dapat bertransaksi cashless serta mendorong saya untuk menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Setelah mulai dapat menyelesaikan pemberian stimulus bagi debitur UMKM terdampak covid-19, dukungan BNI kepada UMKM ditunjukkan pada fase new normal dengan mendorong digitalisasi bagi UMKM melalui digital loan dan trasaksi digital.

Khusus yg terkait dengan upaya membantu UMKM dapat melalui masa krisis melalui stimulus keringanan bunga, penundaan angsuran kredit, perpanjangan jangka waktu, dan penundaan angsuran pokok. Hingga 25 Juni 2020 tercatat sebanyak 184.759 debitur mikro dan kecil dengan total outstanding pinjaman sebesar Rp.24,6 triliun memperoleh stimulus. Program di atas bagian dari mendukung upaya pemerintah untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional. (skn/asp)