SERANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten telah sukses menggelar event tahunan Banten Beach Festival di Pantai Wirton Anyer pada 25 hingga 27 November 2016 kemarin. Agenda untuk mempromosikan wisata di Banten tersebut berhasil berjalan sukses dan menarik perhatian orang banyak.

Menurut Kepala Disbudpar Provinsi Banten Opar Sohari, acara ini merupakan momentum untuk mempromosikan objek wisata budaya dan pariwisata Banten serta meningkatkan daya tarik dan minat kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

Menurut Opar, pihaknya sengaja mengusung tema ‘Spirit Babacakan’ sebagai simbolisasi visi kebersamaan dalam mengembangkan pariwisata di Banten, dengan tema ini Disbudpar Banten ingin mengajak seluruh stakeholder, penggiat wisata Banten, element masyarakat, termasuk media bisa secara bersama memajukan pariwisata di Banten.

Selama gelaran festival, menurut Opar, acara ini menyuguhkan tarian kolosal dari Banten Art Culture yang dilanjutkan dengan parade kuliner dan stand visit, penjurian lomba memasak oleh Ali Zaenal, Sarah Vi dan Eddies Adellia. “Kemudian setelah itu tamu undangan babacakan bareng bersama para masyarakat,” ujarnya.

adv_disbudpar_28nov16_3Banten Beach Festival ini dikemas dengan berbagai acara maupun perlombaan diantaranya lomba mewarnai ikon 7 Wonderful Banten, Run Swim Run, babacakan, pawai dan penampilan budaya Debus Banten, Festival layang-layang, penampilan dari life guard dan fashion show Kang Nong Banten.

Ia melanjutkan, dalam acara ini juga digelar lomba menghias pancake oleh anak-anak dengan tema 7 Wonderful Banten, lomba fotografi 7 Wonderful Banten, pameran produk unggulan dan penampilan spesial dari Rieka Roeslan, band Momonon dan penampilan khas Banten lainnya. “Event ini terdiri dari tiga panggung hiburan diantaranya panggung pawai budaya, panggung utama ‘Spirit Babacakan’, panggung festival kuliner cinderamata dan fashion,” ujarnya.

adv_disbudpar_28nov16_4Selain itu, kata dia, juga digelar lomba memasak makanan khas dari masing-masing kabupaten dan kota se-Provinsi Banten. Pada perlombaan itu, dimenangkan oleh Kabupaten Pandeglang sebagai juara pertama, disusul oleh Kota Serang sebagai juara kedua dan juara ketiga oleh Kota Tangerang.

Dalam acara ini, kata dia, juga digelar stand pameran dari Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten, UKM Asipa Cinderamata, fashion, kuliner dan mitra lainnya seperti Bank Banten, Hotel Aston, Sol Elite Marbella, Horizon, Green Hotel, Alisa, Patra Jasa, Mambruk, Santika Serpong, Alium dan Coconut Island. (ADVERTORIAL/Disbudpar Provinsi Banten)