Disdagperinkop Kota Serang Gelontorkan Rp140 Juta untuk Penguatan IKM

SERANG – Dinas Perdagangan dan Perindustrian dan Koperasi (Disdagperinkop) Kota Serang menggelontorkan dana sebanyak Rp140 juta pada 30 Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Serang. Bantuan tersebut diberikan dalam bentuk mesin produksi IKM.

“Hari ini kami sedang memverifikasi data-data pelaku IKM yang akan mendapat bantuan dari Disdagperinkop Kota Serang. Verifikasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana potensi IKM yang akan mendapat bantuan pemerintah karena dalam aturanya kami harus tepat memberikan bantuan mesin tersebut,” kata Ahmad Fakih, Kabid Perindustrian pada Disdagperinkop Kota Serang usai rapat verifikasi dengan para IKM di Rumah Makan Sari Kuring Indah, Kota Serang, Senin (22/8/2016).

Fakih menjelaskan saat ini ada sekitar empat ribuan IKM yang ada di Kota Serang. Namun hanya tiga ribu saja yang berpotensi aktif berproduksi. Sementara lainya statusnya tidak aktif. “Jadi bantuan tersebut tak diberikan pada semua IKM. Hanya IKM yang punya potensi bagus. Jadi pemerintah ketat dalam memberikan bantuan ini, untuk itu kami lakukan verifikasi lagi,” ujarnya.

Dikatakan Fakih, pada kesempatan ini jenis IKM yang mendapat bantuan beragam di antaranya di bidang konveksi, las, bengkel sepeda dan pangan. Namun mayoritas mereka yang mendapat bantuan merupakan IKM yang bergelut di bidang konveksi. “Bantuan tersebut berupa mesin jahit, mesin potong kerupuk, mesin untuk bengkel sepeda, mesin untuk masak sate bandeng dan mesin lainnya. Jadi bantuannya berupa mesin yang sesuai dengan jenis usaha produksinya,” kata Fakih.

Fakih menambahkan tujuan bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan produksi IKM yang ada di Kota Serang. Produksi mereka harus didukung dan harus mempunyai nilai lebih agar kualitas produksinya semakin baik. ” Ke depan setelah verifikasi ini selesai dan mereka mendapat bantuan. Kami kawal dan dibina lagi agar bantuan tersebut optimal,” tambah dia. (Ade F)