Kepala Disdukcapil Kota Serang Ipiyanto

SERANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang mengimbau pendatang untuk melengkapi dokumen kependudukan. Ini dilakukan menyusul penggerebekan warga yang diduga pelaku bom di Mall Alam Sutera Serpong Kota Tangerang, di Kompleks Banten Indah Permai Blok C6 No 02, Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang, Rabu (28/10/2015) kemarin.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Serang Ipiyanto, saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya hanya bisa melakukan imbauan kepada masyarakat.

“Pertama, itu (perubahan dokumen kependudukan-red) hak seseorang, terkait apakah ia akan mengubah satu dokumen atau tidak,” katanya.

Kata Ipiyanto, pihak Disdukcapil akan melakukan pendataan kepada pendatang yang tinggal selama tiga bulan berturut-turut untuk membuat SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara).

“Kalau untuk satu tahun, apabila ia melakukan kontrak, diharapkan mutasi kependudukan atau mengurus pindah ke Kota Serang,” katanya.

Ipiyanto menjelaskan, hal-hal ini berkaitan dengan program pemerintah terkait pendataan penduduk, untuk mengetahui misalnya data jumlah warga di Kota Serang.

“Kalau itu, akan diketahui setelah mengetahui data yang berada di SKTS, alamat tinggal, alamat asal, NIK, status pekerjaan,” paparnya. (Fauzan Dardiri)