SERANG – Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serang mengklaim proses pembuatan KTP kini tidak berbelit-bilt. “Terhitung sejak 1 Februari masyarakat bisa langsung membikin KTP elektronik hanya dengan waktu 5-10 menit saja. Ada dua mekanisme yang kami terapkan, pertama perekaman dilakukan di kecamatan dan pencetakannya di sini (Disdukcapil), dan kedua yaitu masyarakat bisa langsung datang ke sini,” kata Kepala Disdukcapil kabupaten Serang Asep Saepudin, Rabu (18/2/2015).

Disdukcapil sudah melalukikan sosialisi ke seluruh kecamatan agar perekaman dilakukan di kecamatan tetapi warga banyak yang langsung datang ke dinas. “Setiap hari rata-rata mencapai 100 orang, dan kadang sampai magrib masih memberikan pelayanan. Mekanismenya masyarakat cukup datang ke kecamatan dan melakukan perekaman, jadi gak usah ada surat pengantar dari desa, adapun yang langsung ke sini cukup membawa KK,” tutur Asep

Proses perekaman data saat ini mengalami kendala kekurangan mesin cetak. Di Disdukcapil hanya ada dua dari seharusnya minimal ada lima mesin. Kendala lainnya adalah minimnya sumber daya manusia, banyak alat perekam di kecamatan yang rusak.(Rahmatullah)