Khudori

SERANG- Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Serang Khudori KA memastikan, pembuatan KTP elektronik tidak perlu lagi memakai surat pengantar dari RT, RW, dan kelurahan. Cukup membawa fotokopi kartu keluarga (KK).

“Jadi cukup membawa fotokopi KK saja ke kantor Disdukcapil Kota Serang,” ujar Khudori di ruang kerjanya, Selasa(23/8/2016).

Di Kota Serang sendiri pemberlakuan pembuatan KTP elektronik tidak lagi memerlukan surat pengantar sejak April 2016. “Saat peraturan itu berlaku, kita langsung menyosialisasikan kepada masyarakat Kota Serang,” katanya.

Aturan pembuatan KTP elektronik tanpa pengantar dari kelurahan dikeluhkan beberapa lurah di Kota Serang. Salah satunya Lurah Sumur Pecung, Kecamatan Serang, Bahrudin. Tanpa surat pengangar itu, pihaknya tidak dapat mendata pemilik KTP elektronik yang baru.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo telah memerintahkan para Gubernur, dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia untuk segera melakukan percepatan layanan perekaman e-KTP serta penerbitan akta kelahiran.

Permintaan itu tertuang dalam surat bernomor 471/1768/SJ yang dikirimkan Mendagri Tjahjo Kumolo kepada para Gubernur, Bupati/Walikota di seluruh Indonesia pada 12 Mei 2016 lalu.

Dalam surat tersebut Mendagri menegaskan, seiring dengan semakin tertatanya database kependudukan di seluruh Indonesia, maka dalam pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantiap e-KTP yang rusak dan tidak merubah elemen data kependudukan, perlu penyederhanaan prosedur. Cukup dengan menunjukkan fotokopi Kartu Keluarga tanpa surat pengantar dari RT, RW dan Kelurahan/Kecamatan.(Ade F)