Diserang Hama Wereng, Petani Sukaraja Tiga Kali Gagal Panen

LEBAK – Area persawahan di Kampung Pangsih, Desa Sukaraja, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak, sudah tiga kali mengalami gagal panen akibat diserang hama wereng. Seperti yang dialami salah satu petani, Yahya.

Sekira satu hektar lahan padi miliknya gagal panen akibat hama lembing, hama tikus, hama wereng dan hama lainnya.

Yahya mengaku sudah tiga kali lahan miliknya gagal panen. “Padahal sudah diberi pestisida dan pupuk, namun hasilnya mengecewakan. Saya tidak tahu apa yang mesti dilakukan untuk membasmi hama ini,” ungkap Yahya saat diwawancarai Radar Banten Online, Rabu (16/8).

Dari pestisida yang murah, lanjut Yahya, sampai yang harganya mahal sudah dilakukan, tetapi lahan padi miliknya masih saja mengalami gagal panen. “Semua yang saya lakukan, hasilnya mubadzir semua,” terangnya.

Menurutnya, belum ada tindakan dari dinas terkait untuk sekadar membantu atau mengatasi masalah yang dialami petani di desanya.

“Harapan saya ada bantuan dari pemerintah untuk menyelesaikan persoalan gagal panen di desa ini. Mungkin itu harapan semua masyarakat atau petani yang mengalami gagal panen,” harap Yahya. (Omat/twokhe@gmail.com)