Diskusi Tol Laut Sambil Susuri Selat Sunda

0
506 views



CILEGON – Forum Diskusi Tol Laut dan Pahlawan Wanita Poros Maritim Dunia menggelar diskusi bersama ratusan mahasiswa di atas kapal milik PT ASDP Indonesia Ferry.

Diskusi yang membahas tentang pentingnya peran transportasi laut itu digelar sambil menyusuri Selat Sunda dengan rute dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi menjelaskan, peran transportasi laut sangat penting bagi pembangunan ekonomi serta pemerataan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya transportasi sangat memengaruhi kelancaran distribusi logistik di Indonesia. Semakin baik sistem transportasi maka distribusi logistik akan semakin lancar.

“Tol laut intinya bagaiama  peran ASDP untuk membuat biaya logistik jadi lebih murah sehingga bahan pokok terjangkau,” ujar Ira saat menyampaikan materi, Senin (8/4).

Sebagai bagian dari elemen transportasi di Indonesia, ASDP menurut Ira, dengan 29 cabang, 35 pelabuhan, 243 rute, dan 150 kapal, ASDP memurut Ira selama ini terus mengoptimalkan serta meningkatkan pelayanan, tidak hanya untuk penumpang, tapi jiga distribusi logistik, salah satunya hewan ternak.

“Kalau sapi dari NTT naik perahu yang tidak sesuai akan stres sehingga berat badan turun sehingga harga jual menjadi murah. Mengangkut ternak pun ada cara tersendiri sehingga para peternak tidak merugi akibat buruknya transportasi,” ujarnya.

Selain Ira, diskusi dihadiri isi oleh pengamat sekaligus pebisnis persenjataan Connie Rahakundini Bakrie, dan Wakil Ketua Media Group Lestari Moerdidjat. (Bayu Mulyana)


BACA selengkapnya di koran Radar Banten atau versi digital di epaper.radarbanten.co.id. Saksikan juga di Banten Raya TV pada program SELAMAT PAGI BANTEN (07.00 WIB), BANTEN SIANG (13.00 WIB), BANTEN PETANG (17.00 WIB) dan BANTEN MALAM (21.00 WIB) di channel 50 UHF/702 MHz, atau melalui streaming www.barayatv.com/live.