Disnaker Kota Tangerang Buka Bursa Kerja Khusus SMK

Kepala Disnaker Kota Tangerang, Abduh Surahman.
Kepala Disnaker Kota Tangerang, Abduh Surahman.

TANGERANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Tangerang akan menggelar sosialisasi bursa kerja khusus di sekolah menengah kejuruan (SMK). Tujuannya agar SMK mempunyai bursa kerja sendiri untuk menyalurkan para siswanya.

Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mahdiar mengatakan, bursa kerja di setiap SMK akan mempermudah siswa mendapat pekerjaan sesuai bidangnya.

“Lulusan SMK itu disiapkan bisa langsung kerja. Diharapkan, sekolah punya jejaring kerja dengan perusahaan. Contohnya, SMK perhotelan harus punya jaringan dengan hotel. Jadi siswa yang sudah lulus tidak kesulitan mencari kerja di luar,” katanya, kemarin.

Mahdiar menambahkan, saat ini ada 130 SMK negeri dan swasta di Kota Tangerang. Beberapa di antaranya sudah ada yang menjalin hubungan dengan perusahaan. “Nanti kalau ada sekolah yang hendak menjalin kerja sama dengan perusahaan, bisa laporkan ke kita, biar kita fasilitasi,” ungkapnya.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Abduh Surahman mengatakan, pihaknya terus berupaya membuka akses sebesar-besarnya untuk lowongan pekerjaan. Upaya yang sudah dilakukan adalah dengan layanan pesan singkat berisi informasi pekerjaan. Info ini diperuntukkan buat pelamar yang sudah mengisi kartu kuning ketika akan bikin surat lamaran.

“Kita terus melakukan pembenahan-pembenahan agar lowongan pekerjaan bisa terus diakses masyarakat. Bila ini bisa tergarap tentu akan mengurangi angka pengangguran,” katanya.

Selain pesan singkat, Disnaker juga rutin menggelar sejumlah kegiatan. Misal dengan melatih masyarakat di balai latihan kerja (BLK). Adanya pelatihan ini untuk menambah kemampuan agar saat terjun di dunia kerja sudah tidak canggung lagi. “BLK ini akan diperbanyak di sejumlah kecamatan. Biar orang Tangerang bisa mengasah kemampuannya dengan baik,” ujarnya.

Abduh yakin dengan program yang sudah dilaksanakan Disnaker, akan mengurangi angka pengangguran. Apalagi pelatihan-pelatihan yang sudah dilaksanakan hasilnya cukup positif. Yakni tenaga-tenaga yang terampil dan siap diterima di dunia kerja. ”Sudah banyak masyarakat yang ikut BLK bisa langsung diterima kerja. Ke depannya akan terus diperbanyak pelatihan di BLK,” imbuhnya. (Firdaus Rahmadi/Radar Banten)