Disnakertrans Fasilitasi Seleksi Karyawan PT Indomarco

Disnakertrans Kabupaten Lebak memfasilitasi seleksi pencaker di kantor Disnakertrans di Pasirona, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kamis (15/8). Foto Dok Disnakertrans Lebak

RANGKASBITUNG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Lebak memfasilitasi seleksi ratusan calon tenaga kerja PT Indomarco atau pegawai gudang Indomaret di kantor Disnakertrans setempat, Kampung Pasirona, Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kamis (15/8). Jumlah pencari kerja yang melamar ke perusahaan tersebut sedikitnya ada 400 orang.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Lebak Maman Suparman mengakui, angka pengangguran di Kabupaten Lebak masih tinggi, yakni mencapai 46 ribu orang lebih. Kondisi ini, kata dia, tentu berdampak terhadap tingkat kemiskinan.

Bupati Iti Octavia Jayabaya dan Wakil Bupati Ade Sumardi kerap mengundang investor masuk ke Lebak, tujuannya agar lapangan kerja tersedia sehingga masyarakat bisa kerja dan mendapatkan penghasilan yang layak.

“Hari ini kita fasilitasi seleksi calon tenaga kerja PT Indomarco di kantor Disnakertrans Lebak. Jumlah pencaker yang ikut seleksi di hari pertama sebanyak 200 orang dan hari kedua 200 orang,” kata Maman Suparman kepada Radar Banten, kemarin.

Dia menjelaskan, PT Indomarco berencana akan mempekerjakan 1.800 orang di gudang Indomaret yang berada di Kecamatan Warunggunung.

Pada seleksi tahap awal, PT Indomarco hanya merekrut 150 orang, yaitu untuk ditempatkan sebagai sopir dan karyawan gudang. Artinya, dari 400 orang pencari kerja sebanyak 250 orang akan tersingkir pada tahap seleksi.

Namun, mereka masih punya kesempatan pada seleksi tahap kedua dan selanjutnya. “Prinsipnya kita ingin perusahaan yang beroperasi di Lebak dapat merekrut sebanyak-banyaknya tenaga kerja. Tentunya kita ingin tenaga kerja lokal diprioritaskan sehingga keberadaan perusahaan di suatu desa atau kecamatan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung Rizki R Kusuma berharap, proses rekrutmen karyawan PT Indomarco transparan. Sehingga, lulusan SMA dan SMK dari Desa Cibuah bisa bekerja di perusahaan tersebut. 

Pihak perusahaan, kata dia, harus memprioritaskan tenaga kerja lokal. Apalagi beberapa waktu lalu telah menyatakan akan mempekerjakan 60 persen tenaga lokal di gudang tersebut.

“Masyarakat Cibuah banyak yang datang ke kantor desa untuk menyerahkan surat lamaran kerja. Mereka ingin kerja di perusahaan tersebut, karena lokasi gudang dekat dengan rumah mereka,” katanya.

Rizki mengancam, apabila aspirasi diabaikan, masyarakat Cibuah akan melakukan aksi demonstrasi di depan gudang Indomaret, di Jalan Raya Pandeglang, Desa Cibuah, Kecamatan Warunggunung.

“Manajemen perusahaan dipersilahkan mencari tenaga kerja dari luar daerah, jika di Cibuah atau Warunggunung tidak ada calon tenaga kerja yang memiliki keahlian khusus yang dibutuhkan perusahaan. Tapi jika pekerjaannya masih bisa dilakukan warga sekitar, kenapa tidak memprioritaskan warga setempat,” katanya. (tur/zis)