Disnakertrans Kota Serang Imbau Perusahaan Liburkan Buruh Pada 15 Februari

0
438 views
ilustrasi

SERANG – Menjelang hari pencoblosan Pilgub Banten pada 15 Februari 2017 mendatang, Pemkot Serang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang mengimbau pada seluruh pemilik perusahaan di wilayah Kota Serang agar meliburkan para buruh atau pekerjanya pada hari pemungutan suara.

Kepala Bidang Industrial Disnakertrans Kota Serang Ratu Ani Nuraini mengungkapkan, hal tersebut seiring dengan keluarnya surat keputusan presiden RI tentang hari libur pekerja buruh pada pilkada serentak 2017.

“Dalam surat tersebut tertera bahwa sesuai keputusan SK Presiden RI no tahun 2017 tentang hari pemungutan suara pada Pilgub dan Wagub, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2017 sebagai hari libur nasional. Untuk itu para perusahaan agar mentaati imbauan dari surat tersebut,” ujarnya, Senin (13/2).

Ratu mengungkapkan, meskipun perusahaan harus berproduksi pada tanggal 15 Februari nanti, pihaknya meminta agar perusahaan tetap bisa mengantisipasi bagaimana caranya agar para buruh bisa menggunakan hak pilihnya. “Dalam surat edaran tersebut dikatakan apabila produktifitas perusahaan harus berjalan, maka perusahaan membuat jadwal shift karyawan. Dan bagi karyawan yang masuk bekerja pada hari pencoblosan, maka perusahaan memberikan upah lembur sesuai aturan nomor 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan,” ucapnya. (Adef)