Disnakertrans Usulkan Uang Saku Bagi Transmigran Serang

Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kota Serang Jhoni Manahan Sianipar
Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kota Serang Jhoni Manahan Sianipar

SERANG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Serang berencana mengajukan anggaran ke Pemerintah Kota Serang untuk bantuan peralatan dan uang saku warga yang mengikuti program transmigrasi.

“Saat ini memang Pemkot belum memberikan bantuan pada warga yang ikut program transmigrasi. Ke depan kami akan mengajukan anggaran bantuan untuk peralatan dan uang saku,” ungkap Kepala Bidang Transmigrasi Disnakertrans Kota Serang, Jhoni Manahan Sianipar kepada wartawan, Kamis (3/3/2016).

Jhoni menjelaskan, pihaknya akan mengajukan di APBD Perubahan, Rp10 juta per KK (Kepala Keluarga) tapi dalam bentuk barang, seperti cangkul, senso, pemotong rumput, atau untuk kendaraannya paling tidak dibekali sepeda. “Selain itu akan diajukan juga Rp3 juta per KK untuk uang saku, itu semua untuk modal mereka setelah pindah,” katanya.

Ia mengatakan, selama ini warga yang mengikuti program transmigrasi hanya menerima bantuan, lahan, rumah dan bantuan sembako, yang diberikan oleh pemerintah pusat. “Sekarang bantuan itu tinggal dari pemkot yang belum. Tujuan transmigrasi kan mensejahterakan masyarakat yang pra sejahtera, kriterianya di antaranya jadi jangan sampai hanya memindahkan penderitaan atau kesusahan mereka,” katanya.

Kendati demikian, Jhoni berharap, tahun depan jumlah warga Kota Serang yang ikut transmigrasi menurun atau berkurang karena masyarakat sebenarnya dapat hidup mandiri di kotanya sendiri.

“Harapan saya malah tidak ada yang ikut transmigrasi, apalagi kan ini sudah negara mandiri, sudah jadi Provinsi Banten, Tangerang saja sudah tidak kirim. Kota banyak pemodal, masa masyarakat justru tergusur dari daerahnya sendiri. kalaupun harus mengirim, ya harus benar-benar selektif,” tandasnya. (Fauzan Dardiri)