Suasana pembukaan acara Pesona Ramadan di halaman Pemkab Serang, Jumat (24/5).

SERANG – Dinas Pariwisata (Dispar) Banten mendorong pemerintah kabupaten dan kota mempromosikan wisata alam sebagai alternatif wisata pantai untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Wisatawan tetap bisa ke Banten meskipun tidak ke pantai. Makanya, kabupaten kota yang punya potensi itu (wisata alam-red) mohon untuk terus dipromosikan,” kata Kepala Dispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati saat memberikan sambutan pada acara Pesona Ramadan di halaman Pemkab Serang, Jumat (24/5).

Hadir pada acara itu perwakilan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Serang.

Eneng mengatakan, pihaknya terus berupaya menggenjot tingkat kunjungan wisata di Provinsi Banten. Salah satunya, mempromosikan wisata alam, seperti pergunungan, curug, dan wisata buatan. Menurutnya, wisata alam menjadi alternatif dari wisata pantai.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Pandji Tirtayasa menyatakan, Pemkab Serang sudah melakukan berbagai upaya untuk mempromosikan semua destinasi wisata di Kabupaten Serang. Termasuk melakukan recovery (pemulihan) pada kawasan wisata Anyar-Cinangka pascatsunami. “Banyak hal yang sudah kita lakukan untuk pemulihan kawasan wisata,” terangnya. (Abdul Rojak)