Disparbud Kota Cilegon Fokus Menyusun PPKD

0
1.140 views

Demi Jaga Kebudayaan

CILEGON – Event Golok Day merupakan salah satu implentasi dari pembangunan bidang kebudayaan yang berbasis pada kearifan lokal yang harus dijaga. Golok day diselenggarakan tiap tahunnya oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Cilegon. Berbagai pertunjukan seperti Pencak Silat, debus dan kesenian lainnya ditampilkan.

Dalam event golok day beberapa unsur kebudayaan yang menjadi obyek pemajuan kebudayaan dalam kerangka pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD), telah berhasil dilakukan seperti dalam unsur pengetahuan tradisional yaitu pembuatan golok, unsur seni dapat dilihat dari pertunjukan debus, alunan musik patingtung, pementasan tari yang berbasis pada jurus silat dan unsur olah raga tradisional yang diperlihatkan dari berbagai jurus silat dengan aliran yang berbeda se nusantara.

Hal demikian adalah dalam upaya pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan Indonesia, khususnya Kota Cilegon dengan tujuan untuk menarik wisatawan agar hadir pada event tersebut.

Oleh sebab itu Disparbud Kota Cilegon fokus menyusun pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD) demi terwujudnya pemajuan kebudayaan di Kota Cilegon.

Sesuai undang-undang nomor 5 Tahun 2017 yang mengamanatkan kepada setiap Kota/Kabupaten/Provinsi wajib menyusun PPKD. Dengan adanya dokumen PPKD maka diharapkan diperoleh informasi terkait identifikasi keadaan terkini dari perkembangan obyek pemajuan kebudayaan, SDM kebudayaan, lembaga dan pranata kebudayaan, sarana dan prasarana kebudayaan, potensi masalah pemajuan kebudayaan dan analisis serta rekomendasi untuk implementasi pemajuan kebudayaan daerah.

Kepala Disparbud Mahmudin mengatakan, pihaknya fokus menyusun PPKD demi kemajuan kebudayaan Kota Cilegon.

“Kami fokus menyusun PPKD demi mengembangkan kebudayaan Indonesia khususnya Kota Cilegon, karena PPKD sangat penting dalam mendukung penentuan arah kebijakan dan perencanaan pembangunan bidang kebudayaan, guna terwujudnya peningkatan kesejahteraan masyarakat” Tutupnya. (*)