Disperindagkop Kota Serang Siap Bangun Pasar Baru

0
638 views

SERANG – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Serang saat ini sedang membangun dua pasar baru, yang berada di Kecamatan Cipocok Jaya yaitu pasar Banjaragung dan Kecamatan Walantaka yaitu pasar Kalodran.

Pembangunan pasar tersebut dimaksudkan sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo, yang akan membangun pasar di setiap kecamatan.

“Saat ini kami sedang lakukan pembangunan pasar baru di dua kecamatan,” ujar Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindagkop Kota Serang, Handriyan Mungin, Selasa (6/12).

Pembangunan pasar di Banjaragung, lanjut dia, saat ini memiliki luas kurang lebih 2.000 hektar dan pasar Kalodran hanya dilakukan pembenahan ulang karena sebelumnya memang merupakan pasar tradisional.

“Kami harapkan sih, awal tahun sudah bisa selesai. Dan kami juga akan meminta izin walikota dahulu, untuk bisa beroperasi,” ujarnya.

Rencananya, setelah selesai dibangun, pasar tersebut tentunya akan menjadi lahan berjualan atau dagang masyarakat Kota Serang. Selain itu, dapat mengajak para pedagang yang berjualan di pinggir pasar Rau untuk pindah ke pasar yang telah dibangun tersebut. Namun, tidak hanya di pasar Rau, pihaknya juga berencana untuk merapihkan pedagang yang berjualan di Pasar Lama Kota Serang.

“Sebenarnya, Pasar Lama itu kan hanya digunakan untuk pertokoan saja. Dulu memang pasar, tetapi setelah ada pasar Rau, mereka dipindahkan ke pasar Rau. Dengan dibangunnya pasar di setiap kecamatan, para pedagang bisa berjualan di pasar tersebut,” katanya.

Dibangunnya pasar di setiap kecamatan tersebut dimaksudkan untuk memecah keramaian dan memudahkan masyarakat dalam mengakses perekonomian. (Wirda)