DJKN Banten Apresiasi Insan Kehumasan di Lingkungan DJKN

0
2.548 views

SERANG – Kepala Kanwil Direktoral Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Provinsi Banten Nuning SR Wulandari mengatakan, fungsi Kehumasan pada suatu organisasi tidak hanya sebatas dokumentasi dan publikasi.

Fungsi kehumasan juga sebagai strategic partner dengan dilibatkan dalam penyusunan kebijakan dan dapat diandalkan dalam menghadapi situasi krisis sehingga perlu membuat pedoman komunikasi sebagai pedoman bagi spokeperson DJKN di berbagai unit dalam menghadapi stakeholder internal maupun eksternal.

“Kehumasan harus mampu menjadikan DJKN sebagai organisasi yang dikenal luas oleh masyarakat dengan melakukan rebranding DJKN dan melakukan sinergi komunikasi internal,” kata Nuning saat membuka acara Refleksi Kehumasan Kanwil DJKN Banten Tahun 2020 di aula kantor DJKN Banten, Jalan Diponegoro, Kota Serang, Rabu (30/12/2020).

Kata Nuning, peran humas sangat penting dalam sebuah organisasi karena membangun kepercayaan (trust) dan reputasi melalui branding.

Membangun reputasi butuh agenda setting dan peran strategis humas di era digital seperti sekarang dan saya mengharapkan humas lebih kreatif dan menguasai banyak hal.

“Terima kasih dan apresiasi saya berikan kepada insan kehumasan se Kanwil DJKN Banten yang telah melakukan pengelolaan kegiatan yang mampu mendokumentasikan informasi dengan baik untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil DJKN Banten, salah satunya pembuatan artikel, opini atau berita sehingga perlu dilakukan penguatan kapasitas sumber daya manusia terkait mendokumentasikan informasi dengan baik untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kanwil DJKN Banten,” katanya seperti rilis yang diterima.

Untuk itu kegiatan ini sangat baik dilaksanakan untuk mengapresiasi dan mendorong para pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Banten dalam menulis dan fotograpi, semoga akan banyak pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Banten yang mempunyai keinginan untuk menulis berita, artikel, dan opini.

“Refleksi ini juga sekaligus evaluasi untuk dapat membaca dan menjawab tantangan masa depan termasuk kondisi terkini di tengah pandemi Covid-19 ini. Kita harus bersiap menatap kehidupan dengan pola-pola baru namun tetap produktif,” katanya lagi.

Perkembangan teknologi telah mengubah cara kerja humas masa kini. Perspektif maupun tools yang digunakan humas dalam menunjang pekerjaannya sudah sangat berkembang.

Di sisi lain, sambung Nuning, diperlukan upaya meningkatkan wawasan, kemampuan dan keterampilan humas agar informasi yang dikelola dan disampaikan kepada masyarakat mampu mengangkat citra positif organisasi kita dan pada umumnya pemerintah.

“Humas harus mempunyai kesamaan dalam menyampaikan dan memberikan informasi kepada masyarakat sudah seharusnya konten komunkasi juga terintegrated, bahwa ada data dan angel yang sama. Oleh karena itu, kita harus bekerja keras membangun dan memfasilitasi terjadinya interaksi komunikasi yang mampu untuk merumuskan narasi tunggal,” pungkas mantan Kepala Kanwil DJKN Jabar ini.

Dalam acara itu juga Kanwil DJKN Banten memberikan Apresiasi Karya Kehumasan yang terbagi dengan beberapa kategori yaitu:

  1. Konten Medsos Terbaik dimenangkan oleh Tim Humas KPKNL Tangerang II
  2. Berita Terbaik dimenangkan oleh Budi Sulistyawan dari Kanwil DJKN Banten
  3. Artikel Terbaik dimenangkan oleh Danu Umbara dari Kanwil DJKN Banten
  4. Gerai Layanan Virtual (GLV) terbaik dimenangkan oleh KPKNL Tangerang I. (alt)