DLH Inisiasi Klinik Pengelolaan Lingkungan Hidup

Para peserta dari pelaku usaha memerhatikan pemaparan pembentuk Klinik Pengelolaan Lingkungan Hidup Eco Industry, Selasa (20/8). Foto Lutfi/Radar Banten

SERANG – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang menginisiasi terbentuknya Klinik Pengelolaan Lingkungan Hidup Eco Industry. Klinik menjadi pusat informasi Pemkab dengan dunia industri di Kabupaten Serang yang membedah berbagai persoalan dunia industri, mulai dari soal limbah, perizinan, investasi, dan sebagainya.

Dalam waktu dekat, DLH akan membentuk tim efektif untuk menggawangi klinik tersebut. Tim terdiri atas unsur akademisi, media, pelaku industri, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM). “Klinik ini sangat penting bagi pemkab dan dunia industri di Kabupaten Serang. Kami berharap kehadiran klinik menjawab berbagai persoalan industri di Kabupaten Serang,” harap Kepala Seksi (Kasi) Bina Lingkungan dan Kegiatan Usaha DLH Kabupaten Serang Heny Hindriyani saat sosialisasi pembentukan klinik, Selasa (20/8).

Sosialisasi dihadiri pelaku industri di Kabupaten Serang, akademisi, LSM, media, dan lembaga sertifikasi profesi.

Sementara Ade Ariesmayana, Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknik Lingkungan Universitas Banten Jaya (Unbaja) menyambut baik pembentukan Klinik Pengelolaan Lingkungan Hidup Eco Industry. Menurutnya, klinik tersebut bisa menjadi wadah brainstorming (curah pendapat) dan pusat informasi antara pemerintah dengan pelaku usaha di Kabupaten Serang.

Awalnya, Klinik Pengelolaan Lingkungan Hidup Eco Industry gagasan yang dibangun Heny Hindriyani, peserta Diklatpim IV dari DLH Kabupaten Serang. Gagasan akan terus disosialisasikan dan dibentuk tim efektif untuk menjalankan klinik tersebut. (alt/zai/ags)