DMI Minta Vaksinasi Marbot Masjid Masuk Prioritas

0
1457
Ketua Bidang Pemuda, Lingkungan dan Kesehatan DMI Kota Serang, Efi Afifi.

SERANG – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Serang meminta Pemkot Serang memberikan vaksinasi kepada marbot masjid yang ada di seluruh Kota Serang. Penyebabnya, masjid akan menjadi pusat aktivitas masyarakat selama bulan Ramadan. 

Ketua Bidang Pemuda, Lingkungan dan Kesehatan DMI Kota Serang Efi Afifi mengatakan, di Kota Serang menghadapi bulan Ramadan aktivitas masjid menjadi pusat kegiatan masyarakat. “Tak kurang dari 525 masjid se-Kota Serang. Ada sekira 2.500-an khodimul masjid atau marbot. Itu harus menjadi perhatian untuk program vaksinasi,” ujar Efi Afifi kepada Radar Banten, Senin (29/3) malam. 

Kata Efi beberapa aktivitas masjid di Kota Serang yang rutin dilakukan. Diantaranya, buka puasa bersama, taraweh, Peringatan nuzulul Qur’an, tadarus Al-qur’an hingga salat Idul Fitri. “Makanya, kami berharap ada kegiatan pemberian vaksinasi terlebih dahulu untuk para marbot masjid. Kalau bisa, para pengurusnya,” terangnya. 

Selain itu Efi berharap Dinkes memastikan kondisi seluruh masjid di Kota Serang dalam keadaan bersih, agar masyarakat nyaman melaksanakan ibadah selama Ramadan. “Penetapan prokes dan kondisi masjid pun harus menjadi perhatian. DMI siap berkolaborasi bersama Dinkes,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Walikota Serang Syafrudin meminta Dinkes untuk segera merespon permintaan DMI Kota Serang terkait dengan pemberian vaksinasi untuk marbot. “Insyaallah nanti vaksin untuk marbot mesjid didahulukan, menjelang Ramadan ini. Nanti saya intruksikan kepada pak Kadinkes agar marbot divaksin,” katanya.

Terpisah, Sekretaris Dinkes Kota Serang Hasanudin mengaku akan mengusulkan marbot sebagai penerima. Marbot termasuk dalam kategori pelayanan publik. “Kalau bicara marbot berarti kan jumlah masjid di Kota Serang. Kalau jumlahnya saya belum hafal ya. Pokoknya berurusan dengan keagamaan,” katanya. 

“Kalau itu instruksi Pak Walikota ya harus itu, benar-benar kita siap laksanakan. Jadwalnya nanti dikabarin,” tambah Hasanudin. (Fauzan Dardiri)