Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan sambutan sebelum acara istghotsah di Masjid Agung Caringin, Kabupaten Pandeglang, Kamis (3/1/2019). Foto Abdul Rozak/Radar Banten

PANDEGLANG – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengikuti doa bersama dan istighotsah di Masjid Agung Caringin, Kecamatan Caringin, Kabupaten Pandeglang, Kamis (3/1).

Istighotsah dilakukan untuk mendoakan korban tsunami Selat Sunda dan berdoa supaya tidak terjadi hal serupa. “Seperti kita ketahui bersama, sudah terjadi tsunami di Selat Sunda yang menerjang wilayah kita, Banten dan Lampung,” kata Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian saat menyampaikan sambutan.

Menghadapi persolan ini, kata Tito, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah berupaya untuk melakukan pembenahan. Yang paling terpenting adalah membangun mental masyarakat pascabencana. “Mari kita bangkit lagi, pemerintah bersama masyarakat untuk membangun kembali daerah kita,” ujarnya.

Kata Kapolri,  Jepang yang sudah tertimpa bencana tsunami dan bom atom pada masa lalu bisa bangkit lagi. Negara itu, saat ini bisa maju mengalahkan negara-negara lainnya. “Artinya yang paling penting adalah bagaimana militansi manusianya untuk melakukan perubahan,” pungkasnya. (Rozak)