Panen bandeng perdana di Desa Linduk, Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang. Foto: DD Banten

SERANG – Dompet Dhuafa (DD) Banten panen bandeng perdana di Desa Linduk, Desa Linduk, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang.

Desa Linduk merupakan salah satu desa berdaya program DD Banten. Dengan memberdayakan sembilan orang penerima manfaat, DD Banten fokus kepada budidaya ikan bandeng sebagai upaya meningkakan ekonomi penerima manfaat program.

Setelah beberapa bulan diberikan bantuan dan pendampingan, penerima manfaat yang mengelola tambak bandeng seluas 7 hektare sudah bisa memanen hasil budidaya bandengnya. Jumat (23/11), mereka panen perdana bersama amil DD Banten.

“Ini merupakan panen perdana setelah program berjalan 7 bulan. Melalui Program budidaya ikan bandeng yang kami dampingi secara intens ini, harapannya penerima manfaat bisa meningkat penghasilannya, keilmuannya bahkan bisa beranjak dari mustahik menjadi muzzaki,” kata Abdurrahman Usman, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, dikutip dari siaran pers.

Usman berharap, program seperti ini bisa dijalankan di sepanjang pesisir yang memiliki potensi sama atau potensi lainnya yang mempunyai nilai jual dan pasar yang menjanjikan.
Manajer Program Dompet Dhuafa Banten Fita Berliana Akbar mengatakan, panen perdana bandeng ini hasilnya cukup menggembirakan. Selain ukuran bandengnya yang sesuai dengan kebutuhan pasar, bandeng yang dihasilkan juga kualitasnya cukup baik.

“Pada pelaksanaanya, program ini kami sinergikan dengan beberapa pihak yang expert di bidangnya. Salah satunya kerja sama dengan Fakultas Pertanian dan Perikanan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa ini menunjukkan bahwa pendampingan yang kami lakukan terhadap penerima manfaat sangat serius,” ungkapnya. (aas)