SERANG – Dompet Dhuafa cabang Banten luncurkan program tebar hewam kurban (THK) menjelang Idul Adha 1438 Hijriah dengan menargetkan 150 hewan kurban 2017 setelah tahun lalu berhasil mendistribuskan 140 hewan kurban.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman menyampaikan, pada konferensi pers di kantor Dompet Dhuafa cabang Banten pada Senin di Kepandean, Kota Serang (7/8).

“Tahun ini Dompet Dhuafa Banten menargetkan 150 hewan kurban yang diantaranya adalah kambing atau domba dan sapi. Insya Allah siap di salurkan kepada masyarakat Banten yang membutuhkan,” ujar Usman.

Kata Usman, jika tebar hewan kurban di tahun sebelumnya dengan sedekah ikan, tahun ini Dompet Dhuafa memberi sedekah mangrove. Hal itu tidak terlepas dari program Dompet Dhuafa yang sudah berjalan seperti program kerang hijau yang ada di sekitar teluk Banten dan sudah memiliki 200 bagang. Selain itu mangrove akan mencegah abrasi pantai dan bermanfaat bagi ekosistem biota laut.

“Terdapat lahan kosong untuk program lingkungan. Bukan hanya untuk menahan abrasi untuk musim penghujan dan yang paling penting pembudidayaan biota laut,” jelasnya.

Manager program Dompet Dhuafa Banten, Mokhlas Pidono menyampaikan, distribusi kurban pada tahun ini akan ditargetkan di 12 lokasi di tiga kabupaten dan kota di Banten, yaitu di Kota Cilegon, Kota Serang dan kabupaten Serang. Sedangkan untuk di Kabupaten Pandeglang dan Lebak akan di salurkan oleh mitra yaitu melalui kampung ternak

“Distribusi tahun lalu di sebar di 5 kabupaten dan kota minus Tangerang. Untuk tahun ini lokasi pendistribusian ada di 12 lokasi di tiga kabupaten dan kota di Banten, yaitu kota Cilegon, kota Serang dan kabupaten Serang. Untuk kabupaten Pandeglang dan Lebak kita ada kampung ternak yang akan mendistribusikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Program THK 2017, Sofik Emeraldy mengungkapkan, berkurban di Dompet Dhuafa memiliki keunggulan, selain kurbannya sesuai syariah dan distribusi nya yang merata, donatur juga bisa menentukan sendiri lokasi kurban. Serta untuk mempermudah ada juga Go Kurban yang merupakan sistem jemput hewan kurban.

“Untuk berkurban bisa bertransaksi melalui web kami yaitu www.kurban.ddbanten.org, atau menggunakan sistem go kurban, sistem jemput kurban serta Pembukaan konter di 3 supermarket seperti di carefur, Mall of Serang dan ramayana cilegon,” ungkapnya.

Untuk harga hewan kurban sendiri Dhompet Dhuafa membagi menjadi 3 kategori. Kambing dan domba standar dihargai senilai 1.975.000,- per ekor, premium dihargai 2.975.000,- per ekor dan untuk sapi atau kerbau dihargai 13.500.000,- per ekornya.(Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmail.com).