Petugas Dompet Dhuafa dengan ramah melayani warga yang akan bersedekah.

SERANG – Menyambut Idul Adha 1437 Hijriyah, lembaga nirlaba Dompet Dhuafa Cabang Banten kembali membuka program Tebar Hewan Kurban (THK) plus Sedekah Ikan dengan tema nasional “Kurbanesia, Berlimpah Keberkahan”.

“Tahun ini kami kembali membuka program THK Plus jilid ketiga. Berkurban sekaligus bersedekah bibit ikan ini sudah dijalankan Dompet Dhuafa sejak tahun 2014 dan alhamdulillah membawa berkah,” ujar Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten Abdurrahman Usman melalui siaran pers, Sabtu (27/8).

Usman menyampaikan, setiap tahunnya jumlah pekurban di Dompet Dhuafa selalu mengalami peningkatan. “Tahun ini kita menargetkan 500 hewan kurban setara domba atau kambing yang akan disalurkan di Banten,” katanya.

Angka tersebut, kata Usman, adalah kenaikan target sebesar 42 persen dibanding tahun lalu. Daging kurban program THK Plus Sedekah Ikan Dompet Dhuafa Banten dirasakan manfaatnya oleh sekitar 1.850 penerima manfaat.

“Dompet Dhuafa terus berupaya memberikan yang terbaik untuk donatur dan penerima manfaat program. Hewan ternak kami pasok dari peternak lokal hasil pemberdayaan Dompet Dhuafa sehingga harganya menjadi lebih terjangkau,” papar Usman.

Salah satu program pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa yang memasok hewan kurban tahun ini adalah Kampoeng Ternak Banten di daerah Cipocok Jaya, Kota Serang.

“Semua hewan juga dirawat dengan baik oleh peternak. Kesehatan dan stadarnya jadi terjamin. Hewan kurban juga melewati sejumlah proses quality control dari tim ahli,” tambahnya.

Mengenai wilayah distribusi daging kurban, Usman menjelaskan bahwa program THK Plus Sedekah Ikan Dompet Dhuafa memprioritaskan penyebaran daging ke wilayah-wilayah terpencil, terpelosok, marginal, rawan pangan dan gizi, serta rawan bencana.

Selain di wilayah kabupaten/kota se-Banten, distrubusi daging kurban Dompet Dhuafa juga menjangkau seluruh pelosok Tanah Air dan beberapa daerah bencana luar negeri seperi Gaza, Palestina, serta wilayah dengan penduduk muslim minoritas di Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Kamboja.

Tahun 1437 Hijriyah, harga hewan kurban Dompet Dhuafa dibagi ke dalam tiga kategori. Kambing atau domba untuk sebaran nasional seharga Rp1.975.000 per ekor dan Rp2.300.000 per ekornya untuk kambing atau domba wilayah sebaran Banten. Sementara harga sapi atau kerbau untuk sebaran nasional adalah Rp13.500.000 per ekor.

“Setiap satu hewan yang dikurbankan melalui Dompet Dhuafa Banten, secara otomatis pekurban ikut bersedekah satu kilogram bibit ikan yang akan disalurkan melalui program-program pemberdayaan di pesantren di Banten,” jelas Usman. (Aas)