Dorong Kreativitas Antar Pelajar, MAN 1 Gelar Lomba Tiga Provinsi

CILEGON – Guna membangun kreativitas dan kerja sama antarpelajar, Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Kota Cilegon menggelar lomba peraturan baris berbaris (LPBB) tingkat pelajar, scouting rally, dan spirit youth red cross competition (SYRCC).  Lomba itu diikuti oleh sejumlah sekolah dari tiga provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kepala MAN 1 Kota Cilegon Maimun menjelaskan, lomba-lomba tersebut merupakan rangkaian milad ke-26 MAN 1 Kota Cilegon. Ketiga lomba tersebut dinilai membutuhkan semangat kreativitas serta kerja sama tim sehingga para peserta belajar cara untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan. Selain itu mengoptimalkan kreativitas, saling bahu-membahu untuk mencapai tujuan, sekaligus memperluas jangkauan persahabatan. “Kami berharap, dengan mengikuti lomba-lomba ini  siswa-siswi dapat menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, kebersamaan, dan kejujuran,” tuturnya, Sabtu (12/10).

Dijelaskan Maimun, dengan rangkaian lomba itu, ia beserta jajaran di MAN 1 Kota Cilegon berharap MAN 1 Kota Cilegon tidak sekadar bertambah usia sekolah yang berdiri sejak 1993. Namun, juga menjadi momentum dalam menanamkan semangat gotong royong, kebersamaan, serta nilai-nilai kreativitas pada siswa-siswi.

Kemudian, momentum milad pun diharapkan menjadi media untuk tidak melupakan sejarah MAN sejak mulai berdiri hingga saat ini. “Dengan memperingati ini kita bisa mengukur sejauh mana perkembangan MAN 1 Kota Cilegon dari tahun ke tahun, dari periode kepemimpinan ke periode selanjutnya. Sehingga menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan kualtias MAN 1 baik akademik maupun bidang sarana prasarana dan ekstrakurikuler,” paparnya.

Rangkaian acara milad mendapatkan apresiasi dari Kepala Kanwil Kemenag Banten A Bazari Syam. Ia menilai saat ini, dalam menghadapi perkembangan zaman,  tak hanya pengetahuan yang dibutuhkan, tetapi juga kebersamaan dan kekompakan.

Menurutnya, melalui lomba-lomba tersebut, semangat kebersamaan dan kekompakan bisa ditanamkan dalam diri para pelajar yang notabene adalah penerus masa depan. “Kegiatan tiga itu mensyaratkan lahir sebuah tim. Bangsa kita membutuhkan figur pimpinan yang mampu membangun tim,” tuturnya.

Bazari berharap jajaran di MAN 1 Kota Cilegon terus berupaya menggelar kegiatan-kegiatan positif seperti itu agar bisa melahirkan generasi yang mempunyai kualitas dan kapasitas yang sangat baik. “Kita harapkan ke depan, MAN 1 Kota Cilegon menjadi garda terdepan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah, saya berharap madrasah hebat dan bermartabat,” tuturnya. (bam/ibm/ags)