DP3AKB Bentuk Satgas Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Retno Windarwati

CILEGON – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Cilegon membentuk satgas Pencegahan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak yang disebar di setiap Kelurahan.

Kepala Bidang Pencegahan, Penangangan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak, Retno Windarwati mengatakan satgas Perlindungan Anak berbasis masyarakat telah terbentuk di tingkat Kecamatan. “Masing-masing di setiap kelurahan ada 10 orang. Jadi kalau ada orangtua yang suka mukulin anaknya dengan berlebihan akan ketahuan,” ujarnya, Selasa (22/8).

Dijelaskannya, satgas yang baru terbentuk di tahun 2017 ini belum seluruhnya terbentuk di 43 kelurahan di Kota Cilegon. Secara bertahap ia memastikan di akhir 2017 ini sudah akan tersebar di 43 kelurahan. “Kita baru Jombang yang satu kecamatan sudah terbentuk semua. Kemudian di Kecamatan Cilegon sebagian, tapi belum 43 kelurahan,” katanya.

Ia menegaskan tugas pokok dan fungsi dari kader yang tergabung di satgas tersebut untuk memantau setiap kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang terjadi di sekitar lingkungan kelurahannya itu. Kemudian juga berkordinasi dengan Pusat Pelayanan Dan Perlindungan Keluarga Cilegon (P3KC).

“Agar ada kasus di RT/RW bisa langsung diketahui. Paling tidak kita bisa menangani karena selama ini kasus kekerasan tidak semua bisa dilaporkan kepada kita, karena dianggap privasi di masing-masing keluarga, jadi satgas itu yang akan menangani,” ucapnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)