DPAD Cilegon Salurkan Seribu Buku ke Lapas

Proses penyerahan 1.000 buku dari Perpustakaan Nasional oleh DPAD Kota Cilegon ke Lapas Kelas III Kota Cilegon, Kamis (1/8). Foto Dokumentasi DPAD Kota Cilegon

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Cilegon menyalurkan sebanyak seribu buku bacaan dari Perpustakaan Nasional ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas III Cilegon, Kamis (1/8).

Kepala DPAD Kota Cilegon Nur Fatmah menjelaskan, pemberian buku bacaan itu menunjukkan apresiasi tinggi dan komitmen yang sungguh-sungguh baik dari pemerintah pusat maupun daerah.

“Berbagai upaya untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat terus dilakukan baik melalui pendidikan formal maupun nonformal melalui pengembangan perpustakaan. Ini sebagai sarana belajar sepanjang hayat yang dapat dijangkau oleh masyarakat sekitar,” ujar Nur Fatmah.

Nur Fatmah menilai keberadaan perpustakaan memiliki peran strategis sebagai pusat kegiatan belajar yang akan mengantarkan masyarakat menjadi bangsa yang cerdas dan sejahtera. DPAD Kota Cilegon sendiri melalui program-program sejauh ini terus berupaya membuat masyarakat dekat dengan buku.

“Kami telah memberikan pelayanan perpustakaan keliling yang terjadwal dengan rutin di Lapas Kelas III Cilegon ini untuk meningkatkan minat baca masyarakat Lapas,” tuturnya.

Dengan adanya penyerahan seribu buku ini ia berharap bisa mendorong tumbuhnya budaya baca masyarakat dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat akan informasi dan bahan bacaan yang berguna untuk menambah pengetahuan, kemampuan, serta meningkatkan kualitas hidup.

Terpisah, Sekretaris DPAD Kota Cilegon Upu Tripuspa berharap dengan adanya pemberian buku dapat dimanfaatkan untuk menambah wawasan, pengetahuan, kecerdasan, serta kemampuan keterampilan hidup atau life skill.

“Semoga langkah-langkah nyata yang kita lakukan bersama terus-menerus dan berkesinambungan dapat segera mengantarkan masyarakat kita pada cita-cita yang didambakan yaitu masyarakat yang cerdas dan sejahtera,”ujarnya. (bam/ags)