DPD RI Ingin Kolaborasi dengan Radar Banten

Anggota DPD RI asal Banten Tb Ali Ridho Azhari (kiri) berdiskusi bersama Pimpinan Redaksi Radar Banten Delfion Saputra (kanan) dan jajaran redaksi, kemarin.

SERANG – Anggota DPD RI asal Banten Tb M Ali Ridho Azhari ingin berkolaborasi dengan Radar Banten. Hal itu dilakukan untuk menyosialisasikan kepada masyarakat terkait peran para senator.

Ridho mengatakan, sebenarnya banyak peran-peran DPD RI dalam pemerintahan. “DPD RI tak kalah penting dengan DPR RI,” ujar Ridho saat berkunjung ke Graha Pena Radar Banten, Jumat (13/12).

Kedatangan Ridho yang didampingi tenaga ahli serta stafnya itu ditemui Pemimpin Redaksi Radar Banten Delfion Saputra, Redaktur Pelaksana Radar Banten Aditya Ramadhan, Redaktur Aas Arbi, dan Redaktur Banten TV Angga Ilman.

Ridho menerangkan, peran penting DPD RI lantaran negara Indonesia menerapkan sistem bikameral, yakni praktik pemerintahan yang menggunakan dua kamar legislatif atau parlemen. Untuk itu, perlu dilakukan check and balance antara DPR RI dengan DPD RI. Namun, lantaran usia DPD RI yang masih muda, maka belum semua masyarakat mengetahui fungsi para senator. Untuk itu, ia mengaku, fungsi DPD perlu disosialisasikan kepada masyarakat. “Tantangan kita, DPD RI masih punya pekerjaan rumah yang harus diselesaikan,” terang pria yang hobi menyanyi itu.

Kata dia, DPD RI adalah corong daerah karena perwakilan daerah seluruh Indonesia. Untuk itu, yang lebih tahu kondisi satu provinsi adalah DPD. “Fungsi hampir sama, tapi kerja DPD kebih berat karena satu provinsi,” ujar pria yang duduk di Komite IV DPD RI itu. Salah satu yang bisa diperjuangkan dan diusulkan, yakni transfer daerah dan dana desa.

Agar peran DPD RI semakin diketahui masyarakat, Ridho mengaku, ingin berkolaborasi dengan Radar Banten sebagai media terbesar di Banten. “Sebenarnya sudah banyak peran DPD. Salah satunya kami mengikusertakan pengusaha UMKM dari Banten untuk ikut pameran di Meksiko tahun depan agar dapat menampilkan produk unggulan Banten agar mendunia,” tuturnya.

Pemimpin Redaksi Radar Banten Delfion Saputra mengaku, Radar Banten siap bekerja sama dengan DPD RI agar keberadaan dan fungsi para senator diketahui masyarakat. “Ada banyak program yang kami tawarkan untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Tak sekadar sosialisasi, Delfion juga menawarkan hasil yang dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. (nna/alt/ira)