DPMP3AKB Kembangkan Pemberdayaan Perempuan Melalui Industri Keluarga

0
770 views

SERPONG UTARA – Dalam upaya memberdayakan perempuan di bidang ekonomi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangsel sedang fokus dalam mengembangkan industri rumahan melalui pemberdayaan perempuan dalam sistem ekonomi rumah tangga.

Sebanyak 150 peserta dari 5 kecamatan binaan P2WKSS Tangsel mengikuti pelatihan yang diselenggarakan DPMP3AKB.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Seksi Kualitas Hidup Perempuan pada DPMP3AKB, Mercy Apriyanti, dalam kegiatan pemberdayaan usaha rumahan, untuk meningkatkan produktivitas keluarga.

“Industri Rumahan menjadi perhatian DPMP3AKB karena tergolong kelompok usaha yang belum termasuk dalam pembinaan siapapun. Hal ini dikarenakan sasaran dan target kebijakan industri rumahan yang tergolong masih di bawah usaha mikro,” ungkapnya.

Lanjutnya, ibu-ibu dalam kelompok binaan ini, sudah diberikan pelatihan, namun akan dibawa kemana setelah mereka menerima pelatihan, untuk itu ibu-ibu ini butuh wadah untuk meningkatkan hasil usahanya, sehingga DPMP3AKB akan melakukan pendampingan kepada pembisnis pemula ini, dalam hal pengelolaan keuangan buat usaha, serta pembuatan merk produk, perijinan dan pemasaran. “DPMP3AKB akan membentuk tim untuk pendampingan usaha-usaha rumahan,” ungkapnya.

Berdasarkan data DPMP3AKB, ada 150 usaha rumahan yang telah dibantu dalam hal pelatihan usaha, 150 binaan ini tersebar di 5 Kecamatan binaan P2WKSS. “150 binaan ini kebanyakan bergelut dibidang pakaian, makanan dan aksesoris,” jelasnya.

Sementara, salah seorang warga binaan Amanda, mengatakan, dirinya baru satu tahun menggeluti usaha pembuatan aksesoris, seperti halnya bros, anting, kalung dan lainnya. “Kalau mau usaha itu harus hobby, karena kalau jualan tidak hobby akan malu, namun kalau hobby akan berhasil,”jelasnya.

Amanda senang dengan adanya pembinaan bagi para pelaku usaha rumahan khususnya ibu-ibu. “Senang bisa dibina, karena hasilnya akan dirasakan oleh ibu-ibu ini sendiri, kita bisa menambah uang jajan dan lainnya dari usaha yang kita geluti,” singkatnya.(ADVERTORIAL/DPMP3AKB Kota Tangsel)