DPRD Banten Dukung Pemprov Bangun RSJ

DPRD Banten
Sekretaris Komisi V DPRD Banten, Adde Rosi Khoerunnisa.

DPRD Provinsi Banten mendukung rencana Pemprov Banten untuk membangun rumah sakit jiwa (RSJ). Menurut Sekretaris Komisi V DPRD Banten Adde Rosi Khoerunnisa, kebutuhan RSJ di Banten sangat mendesak, untuk menangani warga Banten yang mengalami gangguan jiwa.

“Kami harap, paling lambat pada tahun 2017 nanti pembangunan RSJ sudah bisa dimulai. Kami di DPRD siap mengalokasikan anggaran untuk pembangunan RSJ ini,” ujar Adde Rosi, Rabu (10/2/2016).

Menurut Adde, keberadaan RSJ bisa menunjang kinerja Pemprov Banten dalam melayani masyarakat, terlebih, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten mempunyai program lepas pasung. Program ini tidak akan berjalan efektif dan akan sia-sia jika tidak didukung dengan adanya RSJ.

“Jika warga yang mengidap gangguan jiwa yang dipasung, dilepas pasungnya, tapi kemudian tidak ada tempat penampungannya, gimana dong. Selama ini yang saya dengar, warga gila yang dilepas pasungnya dibina ke RSJ terdekat. Kan kalau di Banten ada RSJ, kenapa harus jauh-jauh daerah lain untuk menanganinya,” ujarnya.

Perempuan yang akrab disapa Aci ini mengaku, sangat prihatin terhadap kondisi orang dengan gangguan jiwa di Banten, kekhawatiran tersebut membuat dirinya ingin mendorong dibangunnya RSJ di Banten.

Kepala Dinkes Banten M Yanuar menjelaskan, rencananya RSJ akan dibangun di atas tanah seluas lima sampai enam hektare. Saat ini Pemprov Banten tengah melakukan penyesuaian bangunan RSJ dengan tata ruang Kabupaten Serang. (DPRD Provinsi Banten/ADVERTORIAL/Bayu)