DPRD Banten Minta Angkasa Pura II Kucurkan Rp100 Miliar untuk Revitalisasi Banten Lama

0
86
Keraton Kaibon di kawasan Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

TANGERANG – Komisi III DPRD Banten meminta PT Angkasa Pura (AP) II untuk mengucurkan dana corporate social responsibility (CSR) sebesar Rp100 miliar. Dana itu diperuntukkan bagi penataan kawasan Banten Lama.

Ketua Komisi III DPRD Banten Iskandar Zulkarnain mengatakan, pihaknya mendatangi Kantor Cabang Utama PT AP II Bandara Soekarno-Hatta agar mau meningkatkan dana CSR menjadi Rp100 miliar. Sebelumnya, pada 2016, pengelola bandara ini mengeluarkan CSR untuk wilayah Banten Rp57 miliar.

”Ya. Kami datang untuk meminta bantuan CSR bandara. Ini untuk membantu revitalisasi Banten lama yang juga program Pemprov Banten,” kata Iskandar, di Kantor Cabang Utama PT AP II Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (13/9).

Politisi PPP tersebut menyatakan, pembangunan revitalisasi Banten lama memerlukan dana dari pihak swasta supaya bisa mempercepat terwujudnya destinasi pariwisata Banten lama.

”Revitalisasi itu butuh dana yang besar. Anggaran sebanyak itu akan digunakan untuk pembebasan lahan, pembangunan pelebaran jalan, pemagaran kawasan situs, pembangunan gerbang, penataan RTH, dan pembangunan rest area,” terangnya.

Iskandar menambahkan, revitalisasi Banten lama menjadi program prioritas, terutama menjadi destinasi wisata. Apabila berjalan, akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pariwisata. ”Sinergisitas dan bahu membahu diperlukan untuk revitalisasi tersebut. Apabila berhasil, akan menjadi kebanggaan masyarakat Banten juga,” ungkapnya.

Diketahui, Pemprov Banten menganggarkan Rp300 miliar dalam APBD Perubahan 2017 untuk penataan kawasan wisata religi dan cagar budaya Banten lama.

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengatakan, penataan Banten lama mengacu pada master plan Kota Serang agar tidak tumpang tindih dalam kaitan program kerjanya yang sudah disepakati melalui MoU antara Pemprov Banten, Pemkab Serang, dan Pemkot Serang.

Branch Communication Manager Bandara Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo Nugroho mengatakan, pihaknya tiap tahun mengucurkan dana CSR. Untuk tahun 2015, sempat membantu penataan untuk Banten lama. ”Dana CSR kami ini kan dibagi-bagi ke beberapa kegiatan di masyarakat. Tahun 2016, CSR yang dikucurkan totalnya Rp57 miliar,” jelasnya.

Disinggung mengenai permintaan anggota DPRD Banten untuk menaikkan dana CSR, Dewando mengaku akan mengoordinasikan dengan pimpinan. ”Untuk masalah anggaran tersebut kewenangannya ada di kantor pusat. Hasil pertemuan ini akan disampaikan ke pimpinan,” tandasnya. (WAHYU/RBG)