DPRD Lebak Dukung Aksi Masyarakat Tuntut Keadilan

LEBAK – Pimpinan DPRD Lebak mendukung aksi masyarakat tiga desa di Kecamatan Cibadak untuk menuntut keadilan kepada pemerintah dan pelaksana pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang. Dewan tidak ingin masyarakat dirugikan akibat aktivitas pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Kabupaten Serang, Lebak, dan Pandeglang tersebut.

Wakil Ketua DPRD Lebak Mas Yogi Rochmat mengatakan, wajar jika masyarakat di Desa Cisangu, Bojongcae, dan Panancangan menuntut pembayaran ganti rugi lahan yang diuruk PT WIKA. Sisa lahan penjualan kepada pemerintah tersebut statusnya merupakan hak milik masyarakat. Tapi sekarang lahan tersebut tidak dapat digarap karena tertutup tanah urukan proyek Tol Serang – Panimbang.

“Saya dukung aksi masyarakat yang lahannya diuruk perusahaan pelaksana pembangunan jalan tol. Akibatnya, lahan warga tidak bisa dimanfaatkan. Padahal, masyarakat di sana membutuhkan lahan itu untuk bercocok tanam,” kata Yogi kepada Radar Banten, Kamis (8/8).

Dijelaskannya, pemerintah daerah tidak boleh melakukan pembiaran terhadap persoalan tersebut. Mereka harus melakukan advokasi agar hak-hak masyarakat dapat diperjuangkan. Kalau pemerintah daerah diam maka masyarakat yang akan dirugikan, karena lahan mereka akan menjadi mubazir.

“Saya minta kepada masyarakat tidak arogan dalam menyampaikan aspirasi. Demikian pula kepada perusahaan, yakni PT WIKA untuk tidak melakukan kekerasan dalam menyikapi aksi tersebut. Duduk bersama dan selesaikan aspirasi masyarakat dengan tenang dan kepala dingin,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, masyarakat tiga desa di Cibadak menyetop aktivitas angkutan tanah di lokasi pembangunan Jalan Tol Serang – Panimbang di Desa Cisangu, Kecamatan Cibadak. Mereka menuntut manajemen PT Wijaya Karya (WIKA) memberikan ganti rugi lahan sawah warga yang diuruk tanah, sehingga tidak lagi bisa digarap masyarakat setempat. Aksi tersebut tidak direspons manajemen PT WIKA, namun para sopir angkutan tanah menghentikan kegiatan selama aksi berlangsung.(Mastur)