DPRD Teken Kesepakatan KUPA dan PPASP

Bupati Iti Octavia Jayabaya bersalaman dengan Wakil Ketua DPRD Lebak Yogi Rohmat usai menandatangani nota kesepakatan KUPA dan PPAS-P Kabupaten Lebak tahun anggaran 2019, di ruang paripurna DPRD Lebak, Rabu (7/8). Foto Nur Abidin/Radar Banten

LEBAK – Pemkab Lebak bersama DPRD menandatangani nota kesepakatan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (PPAS-P) Kabupaten Lebak tahun anggaran 2019 di ruang paripurna DPRD Lebak, Rabu (7/8).

Bupati Iti Octavia Jayabaya mengatakan, KUPA dan PPAS-P tahun anggaran 2019 merupakan upaya untuk memanfaatkan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2018 dengan berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI yang menyelaraskan rincian kegiatan berdasarkan petunjuk pelaksanaan dari pemerintah pusat dengan memanfaatkan potensi pendapatan, berdasarkan hasil rekonsiliasi bersama perangkat daerah pengelola pendapatan.

“Berdasarkan perubahan rencana kerja pemerintah daerah tahun anggaran 2019 yang bertemakan pembangunan daerah tahun 2019 adalah memantapkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik dalam peningkatan daya saing daerah,” kata Iti ditemui usai rapat paripurna, Rabu (7/8).

Ia mengatakan, dalam upaya percepatan pembangunan yang tengah dilakukan, Pemkab memiliki lima prioritas pembangunan yaitu peningkatan kualitas infrastruktur wilayah, peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, pembangunan dan pengembangan pariwisata dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, peningkatan kualitas pelayanan publik serta akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Prioritas pembangunan ini disusun dengan memperhatikan sinergitas arah pembangunan provinsi dan nasional, serta dengan mempedomani visi pembangunan daerah sebagaimana RPJMD 2019-2024 yaitu sebagai destinasi wisata unggulan nasional berbasis potensi lokal,” kata Iti.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lebak Yogi Rohmat mengatakan, penandatanganan KUPA – PPAS-P menjadi wujud komitmen bersama untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan pada tahun 2019. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama yang baik dari pimpinan dan seluruh anggota DPRD selaku mitra dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Lebak,” kata Yogi.

Dia menerangkan, pada tahun ini Pemkab memperkuat perekonomian daerah dengan dukungan peningkatan percepatan pembangunan infrastruktur. Di antaranya, peningkatan akses infrastruktur, pengembangan komoditas unggulan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta pembangunan kawasan strategis dan kawasan perbatasan.

“Karena itu, penandatanganan KUAP – PPAS-P yang diteken ini merupakan salah satu komitmen dari anggota DPRD Lebak dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lebak,” katanya. (nce/zis)