Drainase Jalan Amin Jasuta Buruk, Sebabkan Jalan Rusak dan Tergenang

0
1.168 views
Pemilik distro di Jalan KH Amin Jasuta, Kaloran, Kota Serang, Saiful Alam, menunjukkan drainase buruk yang menjadi penyebab genangan air di jalan tersebut, Rabu (26/2).

SERANG – Rusaknya saluran air atau drainase di sepanjang Jalan KH Amin Jasuta, Kaloran, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang, menjadi salah satu penyebab jalan rusak dan berlubang. Warga mendesak Pemkot Serang tidak hanya memperbaiki jalan tapi juga harus mendesain ulang drainase.

Ketua RT 02/RW 13 Kaloran Nurlaela mengatakan, beberapa kali mengajak warga melakukan gotong royong memperbaiki drainase yang berada di sepanjang jalan. “Sudah lama (rusaknya-red), tadinya parah banget. Mampetnya sudah lama, karena butuh dananya besar, kami tak mampu,” ujarnya saat berbincang dengan Radar Banten, Rabu (26/2).

Diakui Nurlaela, beberapa kali berkomunikasi dengan ketua RW mengenai kondisi drainase. Termasuk agar dapat mendatangkan alat berat untuk memperbaiki drainase. “Saya bingung. Sudah lama dibahas dengan Pak RW. Katanya kewenangan Dinas PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat-red),” katanya.

Kata dia, sudah hampir setahun jalan dibiarkan rusak. “Sudah banyak warga yang melapor ke saya. Tadinya, saya menunggu musrenbang (untuk menyampaikan kondisi jalan-red), tapi sudah kelewat,” tegasnya.

Selain tidak nyaman dan mengancam para pengendara, genangan air yang tersumbat di drainase juga rentan menjadi tempat berkembangnya nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah dengue (DBD). “Saya mah berharap cepat diperbaiki drainase dan jalan. Ini juga bersama warga ngeri (takut-red) DBD,” katanya.

Hal senada disampaikan Saiful Alam, pemilik distro di Jalan KH Amin Jasuta. Dia mengatakan, buruknya drainase menyebabkan aspal jalan terkelupas. Kata dia, jalan persis di depan tempatnya berjualan lubang berdiameter hingga 1,5 meter menganga. “Ini akibat dari sini (menunjuk drainase-red) mengeluarkan air. Dulu mah drainase tidak macet. Jadinya, begini. Satu bulan lalu sempat ada perbaikan tapi tak diaspal. Itu pakai batu saja diratakan. Makanya cepat rusak lagi,” kata Saiful.

Sebelumnya saat dikonfirmasi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Serang M Ridwan mengatakan, tahun ini ada beberapa ruas jalan yang ditingkatkan, terutama jalan-jalan utama. “Untuk Jalan Amin Jasuta (Kaloran-red), tahun ini akan ditingkatkan dengan hotmix,” ujarnya.

Ridwan mengatakan, lantaran saat ini di ruas Jalan Amin Jasuta diberlakukan sistem satu arah maka menjadi salah satu ruas jalan yang penting. Untuk itu, badan jalannya juga akan ditambah 75 sentimeter. Sementara  untuk ruas Jalan Ciracas-Dalung, PUPR akan melakukan pemeliharaan tahun ini. Sedangkan peningkatannya baru akan dilaksanakan tahun depan. Namun, untuk ruas Jalan Dalung-Cigintung akan ditingkatkan dengan beton. “Tentu kami ingin semuanya dalam kondisi baik, tapi akan dilakukan secara bertahap,” tuturnya. (fdr/alt/ags)