Dua Atlet Muaythai Banten Dipersiapkan untuk Kejurnas

0
226
Atlet muaythai Banten yang tergabung dalam program PJP KONI Banten 2017 menggelar latihan fisik di lapangan Mako Brimob Polda Banten, Kota Serang, Senin (30/10).

SERANG – Dua atlet muaythai Banten, yakni Mia Amalia dan Madlani yang tergabung dalam program pelatda jangka panjang (PJP) KONI Banten 2017 sedang dipersiapkan untuk tampil di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Muaythai 2017. Pada single event yang semula diagendakan digelar di Papua dan akhirnya dipindahkan di Bogor, Mia dan Madlani dituntut meraih hasil maksimal.

Selain menerjunkan dua atlet PJP, Pengurus Provinsi Muaythai Indonesia (Pengprov MI) Banten juga akan menerjunkan atlet PON Remaja serta atlet junior dan youth. Itu lantaran kejurnas nanti tidak hanya mempertandingkan kategori senior saja, tetapi juga mempertandingkan kategori junior dan youth.

Pelatih Muaythai Banten Verry Yugangga mengatakan, dua atletnya untuk saat ini masih yang terbaik nasional di kelasnya masing-masing. “Kebetulan Mia dan Madlani sama-sama turun di kelas 54 kilogram. Di kelas 54 kilogram putri, Mia masih yang terbaik. Begitu juga di kelas 54 kilogram putra, Madlani masih yang terbaik. Insya Allah, keduanya mampu mempersembahkan yang terbaik dan maksimal untuk Banten,” kata Verry kepada Radar Banten saat memimpin latihan fisik atlet di lapangan Mako Brimob Polda Banten, Kota Serang, Senin (30/10) sore.

Verry menambahkan, saat ini fokus latihan atletnya adalah peningkatan power serta strategi bertanding. “Karena ini olahraga pertarungan, tentu kekuatan tendangan dan pukulan sangat penting dan menjadi hal terpenting. Tapi, kita tetap tidak boleh mengenyampingkan strategi pertandingan bagaimana harus menghindari lawan dan melakukan serangan balik. Selain itu, fisik tetap harus ditingkatkan,” imbuhnya.

Ia berharap, Pengprov MI Banten bisa menerjunkan banyak atlet di kejurnas nanti. Ia menilai atlet-atlet muaythai Banten sudah mulai dilirik PB sebagai kekuatan Indonesia di berbagai event internasional. “Usai meraih 15 medali di Liganas Seri VII 2017 beberapa waktu lalu, muaythai Banten terus jadi sorotan Pengurus Besar (PB) MI. Ini kesempatan emas untuk atlet muaythai Banten unjuk kebolehan. Kalau Madlani sudah dipanggil lagi ke Pelatnas Asian Games 2018. Mudah-mudahan melalui kejurnas nanti akan ada atlet lain yang dipanggil untuk Aisan Games. Banten memiliki banyak potensi yang tidak dimiliki daerah lain. Mereka memiliki motivasi tinggi dan harapan bisa membanggakan Banten dan Indonesia. Bila mereka diberi kesempatan, kami yakin akan ada yang lolos ke pelatnas menyusul Madlani,” tegas Verry.

Ketua Pengprov MI Banten terpilih Roni Alfanto menyatakan, sementara ini pihaknya belum menentukan skuat inti yang akan diterjunkan di kejurnas nanti. “Intinya kami siap dan atlet pun sia. Kami masih menunggu jadwal resmi dari PB dan kuota atletnya. Sampai saat ini belum dirilis jadwal dan kelas-kelas yang akan dipertandingkan nanti. Kalau sudah ada kepastian, kita akan langsung tentukan tim,” ucapnya. (Andre AP/RBG)