FORTALEZA – Belanda menjadi tim ketiga setelah Brasil dan Kolombia, yang berhasil melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Tiket itu diraih setelah Belanda sukses menumbangkan Meksiko dengan skor 2-1 (0-0) lewat laga dramatis di Estadio Castelao, Minggu (29/6/2014) malam WIB.

Namun, Belanda sempat dibayangi kekalahan setelah Meksiko leading berkat gol Giovani Dos Santos pada menit ke-48. Keunggulan itu bahkan mampu bertahan hingga menit ke-87.

Tapi, Dewi Fortuna masih memayungi Tim Oranye, julukan Belanda. Skuat racikan Louis Van Gaal itu mampu menyamakan kedudukan melalui donasi Wesley Sneijder dua menit sebelum waktu normal habis.

Petaka bagi Meksiko terjadi ketika kapten Rafael Marquez melanggar Arjen Robben di kotak terlarang pada menit ke-93. Wasit pun tanpa ampun langsung menunjuk titik putih. Klass Jan Huntelaar yang ditunjuk sebagai algojo tak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Gol Sneijder dan Huntelaar bukan hanya mengakhiri kiprah Meksiko di pesta sepakbola empat tahunan itu. Publik juga tak akan bisa melihat lagi performa hebat kiper Meksiko, Guillermo Ochoa.

Dalam laga itu, Ochoa melakukan dua penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang Belanda. Penyelamatan pertama dilakukan ketika Ochoa secara luar biasa menggagalkan tandukan Stefan de Vrij pada menit ke-57.

Ochoa kembali tampil luar biasa saat menghalau sepakan Robben pada menit ke-74. Dengan hasil itu, Belanda akan bersua pemenang laga antara Yunani kontra Kosta Rika. (JPNN)