Dua Kali Gagal Ajukan Gelar Pahlawan, Pemprov Banten Akan Evaluasi

0
46

SERANG – Mengisi Hari Pahlawan, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan 2017 tingkat Provinsi Banten di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ciceri, Kota Serang, Jumat (10/11) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Andika mengaku akan melakukan evaluasi terhadap sejumlah upaya Pemprov Banten dalam melakukan pengajuan tokoh pejuang Banten untuk ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional.

Evaluasi tersebut dilakukan untuk mengetahui persoalan apa saja yang sempat menghambat proses pengajuan gelar pahlawan untuk tokoh pejuang Banten dan sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadi pada upaya pengajuan selanjutnya.

“Pemprov Banten akan evaluasi lagi ini. Data-datanya akan kami pelajari kembali,” ujar Andika, Jumat (10/11).

Seperti diketahui, Pemprov Banten dua kali berturut-turut kandas dalam melakukan pengajuan nama Brigjen KH Syamun untuk menjadi Pahlawan Nasional.

Menyusul itu, tahun 2016 lalu, Pemerintah Provinsi Banten mengusulkan pejuang daerah KH. Tb. Ahmad Chatib ibn Wasi’ Al-Bantani untuk menjadi Pahlawan Nasional. Namun upaya tersebut juga kembali kandas.

Kepada awak media Andika menjelaskan, semangat Hari Pahlawan harus diejawantahkan oleh para generasi penerus bangsa dengan melakukan kewajibannya masing-masing dalam profesinya untuk mengisi pembangunan.

“Sebagai pimpinan daerah, tentu kewajiban saya dan Pak Gubernur (Gubernur Banten Wahidin Halim) untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dalam menyejahterakan rakyat Banten. Sebagai generasi muda, sopan-santun dan menunjukkan rasa hormat kepada yang lebih tua itu juga keharusan,” ujarnya.

“Dalam konteks Banten, saya dan Pak Gubernur tentu akan berusaha sekuat tenaga menyejahterakan rakyat Banten. Untuk itu, kami juga memohon dukungan dan doa, agar kami, saya dan Pak Gubernur diberi kekuatan dalam menjalankan amanah sebagai kepala daerah yang bertugas melayani masyarakat,” tambahnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)