Dua Kampung di Desa Wirana Mulai Ditata

0
213 views

PAMARAYAN – Dua dari empat RW di Desa Wirana, Kecamatan Pamarayan, mulai ditata dan dibenahi. Warga melakukannya dengan gotong royong sejak awal September lalu. Persiapan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Baru Kampung Nangklak, RW 01 RT 19, dan RW 03 RT 10 di Kampung Rancalame. Saat ini sudah terlihat hasil penataannya. Secara umum sudah rapi,” Kepala Desa Wirana Rohman menilai.

Penataan lingkungan di RW 03, Kampung Rancalame, tidak berhenti dilakukan warganya. Terlebih, pada LKBA 2019, RW ini berhasil mendapatkan juara untuk satu kategori. Makanya, tahun ini, kampung ini tinggal meningkatkan keindahan, kebersihan, dan keamanan kampungnya.

“Kampung Rancalame baru ada penambahan gapura, sedangkan penghijauan sudah ada sejak tahun lalu. Kalau Kampung Nangklak, baru tahun ini ikut (LKBA-red), tetapi hasil penataan warganya sudah terlihat. Halaman rumah-rumah sudah dipagari. Penghijauan juga sudah mulai terlihat,” jelas Rohman.

Perubahan di Kampung Nangklak, menurut Rohman, karena warganya termotivasi oleh hasil penataan lingkungan Kampung Rancalame. “Warganya ingin kampungnya bersih, indah, dan aman seperti Kampung Rancalame, jadi mereka antusias menata kampungnya. Saya bersyukur, warganya cukup kompak,” tutur Rohman.

Ketua Karang Taruna Desa Wirana Edi Junaedi membenarkan jika baru dua RW di Kampung Rancalame dan Kampung Nangklak yang telah melakukan persiapan menghadapi LKBA 2020. 

“Karena memang instruksinya adalah semua RW, empat RW di kami ikut lomba. Tetapi memang sekarang yang sudah terlihat hasilnya baru dua,” ucapnya. (rio/don)